Share ke media
Populer

Letjen. TNI Richard T.H. Tampubolon Tinjau Pelaksanaan TMMD Di Desa Panca Jaya ,Muara Kaman

20 Aug 2022 02:00:2134 Dibaca
No Photo
Letjen. TNI Richard T.H. Tampubolon bersama Ketua DPRD Kukar dan Sekda Kukar (Foto: murdian)

Digitalnews, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dilaksanakan Dandim 0906 Tenggarong, Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, 11 Agustus 2022


Dengan adanya kegiatan TMMD TNI di Desa Panca Jaya, mendapat perhatian secara khusus Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev Mabes TNI-AD Bapak Letjen. TNI Richard T.H. Tampubolon yang secara langsung melakukan kunjungan dan meninjau kegiatan yang ada.


Dalam peninjauan Jendral Bintan Tiga Letjen. TNI Richard T.H. Tampubolon di dampingi langsung Danrem 091/ASN, Dandim 0906/KKR, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid,SE,.M.Si, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kab. Kukar, Sekretaris Daerah DR.Sunggono,MM, Camat Muara Kaman, Para Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Para Perwira TNI di lingkungan Kodim 0906/KKR; Para Perwira POLRI di Iingkungan POLRES KUKAR, Kepala Desa Panca Jaya dan undangan lainnya.

    

Usai melakukan peninjauan Letjen. TNI Richard T.H. mengatakan Pelaksanaan TMMD Ke-114 Kodim 0906/KKR Di Desa Panca Jaya Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kukar, mempunyai tujuan untuk mencapai ketahanan pangan.


Melihat potensi wilayah Desa Panca Jaya ini merupakan salah satu lumbung petani, potensi yang bagus sekali, berangkat dari analisa dan proses bottom-up atau dari bawah ke atas, kita coba membangun infrastruktur yang dilakukan secara fisik yaitu: Turap kurang lebih 300 Meter, Pembangunan jalan 8,9 KM, Jalan Jembatan ada 16 Buah, Bedah Rumah, Pembangunan Mushola dan lainnya.


Ini merupakan selaras dengan program-program yang disampaikan Bupai Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupai Kukar H. Rendi Solihin dengan pembangunan berbasis wawasan.


Dengan keberadaaan kegiatan TMMD saya mendapat laporan dan saya cek kelapangan, ini ada pendingkatan produksi yang signifikan baik itu tanaman padi maupun tanaman hortikultura.


TMMD tidak lain membantu para petani dengan cara membuka jalan, membuka lahan baru bagi petani. Dengan membangun infrastruktur jalan, irigasi, turab, kompa air dan sebagainnya agar produktivitas pertanian dan perekonomian masyarakat terus meningkat.


“Karena disamping akses mobilitas petani menjadi lancar, proses pemupukan dan cara tanam di berikan pemahaman akhirnya yang dulu hanya sekali tanam sekarang meningkat menjadi dua kali tanam dan duakali panen bisa menghasilkan 2,4 miliar per tahun , saya rasa TMMD saat ini tepat sasaran “. ucap Letjen. TNI Richard


Abdul Rasid usai mendamping Letjen. TNI Richard menggunaan Motor Trail mengatakan sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Dandim 0906/KKR, Pemerintah Daerah. Program TNI Manunggal Membangun Desa di Kabupaten Kutai Kartanegara ini selalu memberikan epek yang sangat positif bagi masyarakat dan petani.


“TMMD yang dilaksanakan selama ini terbukti dapat membangkitkan dan mendorong percepatan program Pemerintah. Harapan kita pertanian dan perkebunan di kukar yang selama ini selalu menjadi support suplai hasil pertanian dan perkebunan provinsi Kaltim ini bisa terus kita tingkatkan lagi”. ungkapnya


Apa lagi dengan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Kaltim yang sudah berjalan, harapan kita Sarana dan Prasarana infrastruktu di bidang pertainan di tengah masyarakat bisa terus kita dorong agar kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama yang berada di kawasan pedesaan terus meningkat.


“Hal ini semakin membuktikan sifat kemanunggalan TNI bersama rakyat. Kebersatuan TNI bersama seluruh elementasi rakyat tidak lain untuk memastikan bahwa NKRI bersama seluruh potensi yang ada di daiamnya dapat terawat dan terpeiihara dengan baik”. ucap rasid (mur/jong )

Terkini