Share ke media
Ekonomi

Luncurkan Kredit Kukar Idaman, Bupati Edi Minta Masyarakat Berhenti Pinjam ke Rentenir

17 Oct 2023 11:00:3464 Dibaca
No Photo
Bupati Edi Damansyah saat peluncuran Kredit Kukar Idaman. (istimewa)

Tenggarong - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meluncurkan Kredit Kukar Idaman bagi Petani, Nelayan dan pembudidaya Ikan, Senin (16/10/2023) di Halaman Parkir Kantor Bupati, Tenggarong. Dengan adanya program ini, Edi menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk berhenti meminjam uang ke rentenir.


Dalam hal ini masyarakat diajak memanfaatkan Kredit Kukar Idaman dengan bunga nol persen.


“Saya menyerukan agar masyarakat hentikan meminjam uang ke rentenir, manfaatkan kredit Kukar Idaman melalui bankaltimtara dengan persyaratan mudah dan bunga nol persen,” sebut Edi.


Pemkab Kukar, sambungnya, sudah memberikan ruang yang luas kepada seluruh masyaraka. Untuk dapat mengembangkan peluang berusaha dengan penguatan aspek permodalan dengan meluncurkan Kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Melalui skema Kredit Kukar Idaman kerja sama antara Pemkab Kukar dengan Bank Kaltimtara.


Skema perkreditan ini dirancang mempermudah masyarakat mengakses kredit melalui bank, dengan prasyarat yang sangat minim. Pemkab Kukar merancang alokasi kredit ini dengan mengalokasikan penyertaan modal kepada Bank Kaltimtara, untuk bisa berkontribusi bagi pengembangan perekonomian daerah di sektor riil.


Menurut Edi, Kredit Kukar Idaman ini juga merupakan bagian dari Program Dedikasi Kukar Idaman dari 23 Program. Yang telah dicanangkan dalam Filosofi pembangunan Kukar Idaman 2021-2026, yakni bagian dari ”Program Usaha Kecil Idaman” untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing produk UMKM.


“Dengan target memperkuat kapasitas usaha melalui akses permodalan, perluasan jaringan pemasaran dan peningkatan kualitas produk,” jelasnya.


Edi lantas meminta Dinas Koperasi dan UMKM mengiringi keberadaan kredit UMKM dengan menyediakan wadah konsultasi dan penguatan kompetensi melalui ”Klinik UMKM” di setiap kecamatan ataupun zona-zona yang memiliki potensi UMKM yang paling potensial. Sehingga kredit Kukar Idaman ini dapat dimanfaatkan dan dioptimalkan bagi peningkatan potensi usaha masyarakat yang lebih terarah dan berkesinambungan.


Selain itu, Pemkab Kukar juga memfasilitasi seluruh UMKM agar dapat masuk dalam sistem pemasaran digital. Sehingga syarat-syarat yang harus disediakan oleh UMKM keseluruhannya akan difasilitasi oleh Pemkab Kukar. Misalkan seperti sertifikat halal dan sertifikat kelayakan produk lainnya, sehingga kami berharap seluruh pelaku UMKM agar dapat menyambut dan mendukung skema kolaborasi ini dengan baik. (dn)