Share ke media
Populer

Mahakam Ulu siap menjadi Kabupaten yang pertama se-Indonesia terbentuknya DBON

11 Nov 2023 03:00:56262 Dibaca
No Photo

Samarinda - Terbitnya Permenpora No. 15 tahun 2023 tentang Tata Cara Penyusunan Desain Olahraga Daerah, merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam memastikan efektifitas pembangunan keolahrgaan didaerah guna mendukung pencapaian sasaran pembangunan nasional sebagai tindak lanjut dari Perpres No. 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional dan UU No. 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan. Sehingga, terjalinnya sinergitas kebijakan keolahragaan daerah dengan desain besar olahraga nasional lewat Tim Koordinasi & Tim Sekretariat yang dibentuk.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memanifestasikan keseriusan Pemerintah Pusat dalam kebijakan keolahragaan nasional dengan dibentuknya DBON Provinsi Kalimantan Timur melalui SK Gubermur Kalimantan Timur Nomor : 100.3.3.1/K.258/2023 tentang Pembentukan Lembaga dan Penetapan Personil Desain Besar Olahraga Nasional Provinsi Kalimantan Timur tertanggal 14 April 2023.

Kepala Pelaksana Sekretariat DBON Kaltim, Dr. Ir. H. Zairin Zain, M.Si, melalui selulernya menyampaikan pembetukan lembaga DBON Kaltim akan linear proses pembentukannya hingga Kab/Kota se- Kalimantan Timur. Komununikasi dan koordinasi serta sosialisasi telah dan sedang dilakukan melalui Kepala Daerah, termasuk dalam hal ini Dispora Kab/Kota melalui Tim Sosialiasi & Koordinasi Percepatan Pembentukan DBON Kab/Kota se-Kaltim, ujarnya.

Wakil Bupati Mahakam Ulu, Drs. Yohanes Avun, M.Si, yg ditemuin diruang kerjanya didampingi oleh Pengurus DBON Kaltim, Arief Rahman Hakim yg juga Ketua DPD KNPI Kaltim, Muhammad Haidir, Isfanny Soeaswinita, Savina Redzky Agnesyah, dan Sayyid Muhammad Riziq serta didampingi juga Kabid Pemuda Olahraga Mahakam Ulu, Joko,  menyampaikan secara lugas, Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu memberikan apresiasi yg setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui DBON Kaltim, yg telah aware dan serius menangani program keolahrgaaan daerah serta konsern dalam pembinaan usia dini. Kami juga berkomitmen untuk menjadi Kabupaten pertama se-Indonesia, yg akan membentuk Lembaga DBON , pungkas beliau.

Mahakam ulu, menurut beliau yang juga Ketua Dewan Adat Dayak Mahakam Ulu, memiliki banyak potensi atlet-atlet yg sejak kecil secara fisik telah ditempa oleh kondisi alam yg secara natural telah terbukti munculnya atlet-atlet yg berjuang di pentas nasional dan internasional, hasil binaan alam di mahakam ulu. Saya sdh baca sekilas Road Map Desain Olahraga Daerah (DOD) DBON Kaltim yg disusun secara sistemik, semoga dapat berjalan secara optimal dan mampu mengantarkan atlet-atlet Kaltim menuju Visi besar olahraga nasional di 2045, tutupnya. (MHF)