Share ke media
Politik

Manyoritas Caleg muda, PSI optimis satu kursi DPRD Kaltim

18 Jul 2018 05:00:03155 Dibaca
No Photo
Penyerahan Daftar Bacaleg DPRD Prov. Kaltim ke KPU Kaltim oleh DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaltim, selasa 17/06/2018

DigitalNews.id - Samarinda – Meskipun terbilang baru dikancah perpolitikan, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kalimantan Timur (Kaltim) tidak ragu untuk memasang mereka yang muda-muda untuk tampil sebagai Bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi Kaltim. 

Melalui juru bicara PSI Kaltim Tino Tindengan, menjelaskan sedikitnya Ada 33 Bacaleg yang didaftarkan PSI Kaltim berumur maksimal 40 tahun. “Target kami adalah anak muda, rata-rata yang terdaftar sebagai Bacaleg ini dibawah umur 40 tahun, dan kami memiliki Caleg perempuan terbanyak,” jelasnya kepada awak media usai melakukan pendaftaran lepas sholat magrib di KPU Kaltim, selasa (17/06/18).  

Ditampilkannya anak-anak muda sebagai Bacaleg PSI Kaltim, bukan tanpa alasan, Menurutnya selain manyoritas Suara pemilih dari kaum milenial, mereka juga berharap Parlemen mampu diisi anak muda yang muncul dengan potensi baru, pun melawan oligarki. 

Tidak hanya itu, partai besutan Grace Natalie ini juga tidak mengakomudir Caleg yang pernah terlibat dalam partai lain. “Jadi gini, Ada Dua tipe anak muda menurut kami yaitu pertama dia apatis bangat dalam artian tidak mau Tau soal politik. Dan yang kedua dia apatis bukan berarti tidak Tau tetapi kritis bangat sehinga tidak menentukan arah politiknya karena ketidak percayaanya,” paparnya Lebih lanjut.

Ia menjelaskan diera milenial paling sulit kita mengusik zona nyaman mereka, hidup dimana semua terjadi serba instant, kami melihat mereka tidak merasakan dampak kebijakan yang ada. “Dengan munculnya Caleg dari generasi meraka, dari kumpulan mereka Sendri, tentu ini akan mengusik kehidupan mereka untuk mengenal dunia politik, Karena Kita tidak bisa menghidar dari itu,” lanjutnya 

Dari itu, PSI optimis mampu maraih setidaknya satu kursi DPRD Provinsi disetiap Daerah pemilihannya, dan tiga kursi disetiap DPRD Kabupaten/kota. 

Target itu dianggap realistic apalagi partai ini adalah partai baru digelanggang politik yang akan bersaing dengan 16 partai lain. “Kami optimistis kaum muda tak ingin melewatkan momentum di mana kaum muda, bisa mempraktekkan gagasan-gagasannya,” tutupnya (*Red/JR/dr)