Share ke media
Keagamaan

Masjid Agung Pelita Samarinda Gelar Halal Bi Halal dan Khitanan Masal

23 Jun 2018 05:00:3988 Dibaca
No Photo
Photo : Plt. Walikota Samarinda (DR. H. Zairin Zain), Ketua Takmir MAPS (Drs. H. SYafruddin AH, MM) dan Ketua Panitia Pelaksana ( H. Hartono, SE., M.Si) Dalam penyerahan secara simbolik bingkisan kepada 3 anak (Mewakili) anank-anak yang akan dikhitan

DigitalNews.id – Seperti tahun-tahun sebelumnya Masjid Agung Pelita, Kota Samarinda (MAPS), pada setiap bulan Syawal (Ba’da Idul Fitri) menjadi agenda rutin diselenggarakan Halal Bi Halal, tidak terkecuali tahun 1439 H ini,  pagi hari ini, sabtu, 23/6/2018, juga diadakan Halal Bi Halal yang terbuka bagi seluruh jamaah MAPS, yang untuk kali ini dirangkai dengan bakti sosial berupa khitanan massal bagi anak-anak muslim yang kurang mampu. 

Halal Bi Halal 1439 H pagi tadi (23/6/2018) dihadiri juga Plt. Walikota Samarinda, DR. H Zairin Zain, dan beberapa pejabat dijajaran Pemkot Samarinda beserta ratusan jamaah MAPS. Dalam kesempatan tersebut Zairin Zain menghimbau agar kita sebagai masyarakat Samarinda, hendaknya selalu menjaga kondusifitas dan keamanan Kota Samarinda, lebih-lebih mendekati hari pemungutan suara pada Pilgub Kaltim yang tidak lama lagi akan diselenggarakan. “saya berpesan sebagai masyarakat Samarinda hendaknya kita sama-sama menjaga keamanan dan kedamaian kota Samarinda yang selama ini sudah baik, lebih-lebih menjelang pemungutan suara, marilah kita berbondong-bondong datang ke TPS untuk memberikan hak suara pada pemungutan suara tanggal 27 Juni 2018 yang akan datang sesuai dengan hati nurani masing-masing,” 

Ditambahkan Zairin panggilan akrabnya “sesungguhnya masa cuti kampanye Bp. Syaharie Jaang sebagai Walikota Samarinda telah berakhir, maka pada hari senin besok (25/6/2018) saya akan menyerahkan kembali jabatan Walikota Samarinda kepada Bp. Syharie Jaang.” ujarnya mengakhiri.

Halal Bi Halal kali ini diisi tausiah oleh Al-Ustdz DR. H. Ahmad Haris yang pada intinya menyerukan bahwa dengan momentum Halal Bi Halal ini, hendaknya kita dapat mengikhlaskan segala hal yang mengganjal dihati, dan lupakan semua yang pernah terjadi, jadilah seolah orang “buta” yang tidak melihat segala keburukan orang lain, jadilah orang “bisu” yang tidak akan membicarakan air orang lain dan jadilah orang “tuli” yang tidak akan mendengar gunjingan, gosip dan hal-hal yang buruk. 

Drs. H. Syafruddin AH, MM, selaku Ketua Takmir MAPS dalam laporannya mengungkapkan bahwa acara Halal Bi Halal merupakan rutinitas yang setiap tahun diselenggarakan oleh MAPS, untuk tahun ini dirangkaikan dengan bakti sosial berupa khitanan massal bagi anak-anak muslim yang kurang mampu yang dananya bersumber dari infaq dan sedeqah serta donasi dari para jamaah MAPS. “Selaku Ketua Panitia Pelaksana adalah Bapak H. Hartono, SE., M.Si - Ketua Seksi Ibadah MAPS, yang juga Ketua Komisi II DPRD Kota Samarinda,” ditambahkan syafruddin “Acara Halal Bi Halal merupakan acara rutin setiap tahunnya di MAPS yang untuk kali ini dirangkaikan dengan bakti sosial berupa khitanan massal bagi anak-anak kurang mampu yang bermukim disekitar MAPS yang terdiri dari 21 RT, namun demikian khitanan massal kali ini juga diikuti anak yang berasal dari luar lingkungan MAPS, seperti dari Air Hitam.” Juga dikatakannya “tadinya kita menargetkan 125 anak yang akan dikhitan, namun karena animo masyarakat yang begitu besar sehingga lebih dari 200 anak yang mendaftar, maka Panitia memutuskan menambah kuota dari 125 anak manjadi 150 anak yang akan dikhitan,” selain itu Syafruddin juga menyampaikan bahwa “Panitia juga memberikan bingkisan kepada anak-anak yang dikhitan tersebut berupa kain sarung, celana dalam, buku sekolah dan uang tunai” pungkasnya. (dr)