Share ke media
Populer

Menteri PUPR: Tol Balsam Bisa Digunakan Untuk Libur Natal & Tahun Baru

06 Dec 2019 11:00:27469 Dibaca
No Photo
Foto: Daftar Tol Gratis Selama Libur Natal & Tahun Baru (Sumber Divisi Humas POLRI)

Samarinda - Pemerintah akan membuka sejumlah tol secara fungsional untuk hari libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Hal tersebut sebelumnya dibeberkan Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Senin (2/12/2019) lalu.

Berikut daftar tol yang dapat digunakan pemudik saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 tanpa tarif:

1. Ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33 km;

2. Ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 9,5 km;

3. Ruas tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 km;

4. Ruas tol Manado-Bitung sepanjang 26 km.

Menurut Basuki Menteri PUPR, Karena berbentuk fungsional, pengendara dapat gratis melewati tol tersebut. Selain itu Basuki menerangkan bahwa pemberlakuan tol secara gratis akan mengikuti waktu libur Nataru.

“Libur Nataru itu sampai kapan?, Saya mengikuti itu saja,” jelas Basuki. Sementara itu, Isran Noor, Gubernur Kaltim menyatakan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono tengah berada di Kaltim untuk melakukan pengecekan jalan tol dan lokasi ibu kota negara pada Kamis (06/12/2019).

“Di sini ada pak menteri, lihat lokasi (jalan tol). hari ini ke lokasi ibukota negara,” kata Isran.

Dalam penjelasan hasil pengecekkan Menteri PUPR bahwa untuk jalan tol Balikpapan - Samarinda (Balsam) baru akan difungsikan pada Seksi 2,  Seksi 3, dan Seksi 4, yang menghubungkan Simpang Pasir ke Samboja. Sementara, Seksi 1 dan Seksi 5 masih dalam proses perampungan.

Lebih lanjut Gubernur Kaltim mengatakan, melalui hasil pengecekan tol tersebut di katakan Menteri PUPR bahwa Tol Balsam ditargetkan akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2020. Meski baru diresmikan Maret kata Isran, namun jalan tol sudah dapat digunakan tergantung izin dari kontraktor.

“Tolnya itu resminya oleh Bapak presiden bulan Maret. kalau dipakai boleh sekarang. izinnya kontraktor. Saya pernah gunakan (jalan tol). Bagus, standar lah,” jelasnya (Ar/*)