Share ke media
Populer

Muara Badak Jadi Juara Umum Peringatan HKG Ke-52 PKK Kukar di Tenggarong Seberang

25 May 2024 01:00:2755 Dibaca
No Photo
TP PKK Kecamatan Muara Badak Keluarga sebagai Juara Umum Peringatan HKG Ke-52 PKK Kukar. (istimewa)

Tenggarong – Puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 TP PKK Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong Seberang berlangsung Jumat (24/5/2024). Dalam malam penutupan ini, diumumkan TP PKK Kecamatan Muara Badak yang keluar sebagai juara umum berkaitan berbagai lomba yang dilaksanakan.

Menariknya, TP PKK Kecamatan Muara Badak, juga akan menjadi tuan rumah peringatan HKG TP PKK ke 53 tahun depan.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Sunggono berharap puncak peringatan HKG ini menjadi semangat untuk mengembangkan daya kreasi, kreativitas dalam pemberdayaan keluarga. 

“Mari jadikan peringatan HKG ke-52 PKK ini sebagai semangat untuk mengembangkan daya kreasi, dan kreativitas dalam pemberdayaan keluarga, serta sebagai energi baru pada setiap langkah seluruh kader PKK, untuk bergerak bersama menyukseskan program pemerintah,” ujarnya.

Bupati Edi dalam sambutannya mengucapkan selamat dengan telah terlaksananya peringatan HKG ke-52 TP PKK. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada TP PKK baik di tingkat kabupaten, kecamatan, hingga tingkat desa. Lantaran dianggap telah menjadi mitra yang baik bagi pemerintah.

“Jadikan setiap momentum peringatan HKG PKK untuk mawas diri secara kelembagaan, dan melakukan evaluasi dalam program yang telah dijalankan,” tuturnya.

Dikatakan, peringatan HKG PKK merupakan momentum yang tepat untuk melakukan introspeksi diri. Khususnya tentang seberapa jauh PKK telah melangkah sesuai nama yang disandangnya. Seberapa besar manfaat kehadirannya, serta perannya dalam melakukan tugas pemberdayaan keluarga dan masyarakat, dan peningkatan kesejahteraannya.

Sebagai mitra pemerintah, PKK diharapkan bisa terus berperan aktif bersama pemerintah, dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks. Serta mampu bekerja sama dengan pemangku kepentingan di setiap jenjang wilayah, sehingga tercipta sinergi dan keselarasan antara program yang dicanangkan TP PKK dengan program pembangunan oleh pemerintah.

“Kami berharap seluruh TP PKK dan dapat menjadi garda terdepan, untuk mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral pendidikan kesehatan, sosial budaya ekonomi dan lingkungan hidup dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal hingga mencapai lingkup Kabupaten,” bebernya

Lebih lanjut para camat, lurah dan kepala desa yang merupakan ketua pembina TP PKK di wilayahnya dapat memberikan dukungan serta bimbingan terhadap TP PKK. Dalam penganggaran dan pelaksanaan agar 10 program pokok PKK dapat dapat diimplementasikan dengan baik mulai dari tingkat desa hingga kabupaten. 

“Sehingga keberadaan kader PKK yang solid diharapkan akan terus berkontribusi dan memberikan prestasi yang berdampak pada kemajuan Kabupaten Kutai Kartanegara,” tegasnya. (dn)