Share ke media
Advetorial - DPRD Kabupaten Kutai Timur

Musrenbang Kutai Timur: Prediksi Pertumbuhan Daerah Menghadapi Pemekaran

27 May 2024 06:00:2232 Dibaca
No Photo
Wakil Ketua Komisi C DPRD Kutim, Jimmy.

Digitalnews - Sangatta - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim.

Dalam acara tersebut, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kutim, Jimmy, menyoroti pentingnya memprediksi pertumbuhan daerah menghadapi kemungkinan pemekaran.

Menurut Jimmy, semua kemungkinan pertumbuhan daerah harus bisa diprediksi dengan baik, baik dari segi teknis maupun non-teknis, agar gambaran daerah Kutim ke depan dapat terlihat dengan jelas.

“Hal ini menjadi semakin penting mengingat rencana pemekaran Kutai Utara dan Sangsakaukar (Sangkulirang, Sandaran, Kaubun, Karangan), yang kemungkinan akan memecah wilayah tersebut menjadi satu kabupaten dan satu kota baru,” jelasnya.

Ia menyebut prediksi seperti ini penting untuk dilihat bahwa mungkin nanti akan terpecah menjadi 3 kabupaten 1 kota. Utara dan selatan menjadi Kota Sangatta, seperti Kota Samarinda.

“Dengan adanya prediksi ini, diharapkan pemetaan pembangunan dapat dilakukan secara lebih terarah dan efektif untuk menyongsong perubahan yang akan terjadi di masa mendatang,” tutupnya.ADV