Share ke media
Politik

Optimalkan Fungsi, Bupati Edi Minta Semua RT di Kukar Bangun Sinergitas dengan Stakeholder

23 Oct 2023 03:00:2966 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar Edi Damansyah. (istimewa)

Tenggarong – Bupati Edi Damansyah berpesan kepada semua RT di Kutai Kartanegara (Kukar) untuk membangun sinergitas dengan stakeholder-stakeholder. Seperti pemerintah desa, kelurahan, kecamatan, kepolisian, TNI, hingga komunitas-komunitas yang dibentuk secara mandiri oleh masyarakat.

Menurut Edi, hal ini dilakukan untuk menjalin informasi dan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat. Untuk dapat disampaikan kepada Pemerintah Daerah. 

Hal ini dikatakan Edi saat menghadiri pengukuhan Forum Rukun Tetangga (RT) Kecamatan Tenggarong periode 2023-2028, yang dirangkai diskusi, di lapangan Sepak Bola Kelurahan Timbau, Tenggarong, Ahad (22/10/2023) siang. 

Edi meminta setiap pengurus RT bisa mengoptimalkan fungsinya. Di antaranya mengoptimalkan alokasi anggaran 50 juta per RT, sebagai stimulus dalam peningkatan kinerja RT, hingga akhirnya berdampak pada pembangunan lingkungan masyarakat secara keseluruhan.

Kemudian Mengawal validitas data-data kependudukan, dan mewajibkan lembaga RT memiliki data kependudukan di wilayahnya dan dimutahirkan secara berkala. Supaya data-data kependudukan benar-benar valid, yang dapat menjadi pijakan dalam perumusan kebijakan daerah.

Kemudian, menghidupkan sistem keamanan dan ketertiban wilayah secara terorganisasi, agar warga dapat hidup lebih tenang dan nyaman.

“Untuk itu saya berharap, seluruh Ketua RT dan jajaran agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kesuksesan pembangunan di Kukar ke depan,” tuturnya.

“Dan Melalui Forum RT yang saat ini sudah terbentuk, kami optimistis Kukar akan lebih maju dan sejahtera dalam suasana yang damai dan harmoni,” sambung Edi. (dn)