Share ke media
Populer

Pastikan Kondisi PAD, Komisi II DPRD Kaltim Berkunjung ke UPTD Bapenda Bontang

15 Jun 2020 12:20:21164 Dibaca
No Photo
Komisi II DPRD Kaltim saat kunjungan kerja di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Bapenda Kota Bontang.

SAMARINDA - Memasuk fase new normal, sejumlah layanan pembayaran pajak, baik pajak kendaraan, alat berat dan pajak air permukaan mulai diaktifkan. Guna memastikan kondisi pendapatan daerah dari sektor pajak, Komisi II DPRD Kaltim melakukan kunjungan kerja di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Bapenda Kota Bontang.

Anggota komisi II, Sutomo Jabir menjelaskan kunjungan tersebut membahas kondisi terkini pendapatan daerah, untuk mengetahui dan memastikan kondisi pendapatan daerah setelah diaktifkannya lagi layanan pembayaran pajak, baik pajak kendaraan, alat berat dan pajak air permukaan,” jelasnya saat dikonfirmasi via whatsApp, Jumat (12/6/2020).

Politisi PKB ini mengatakan, jika ada ditemukan kendala dilapangan, maka komisi II akan mendorong agar dibuatkan regulasi sehingga kaltim tidak dirugikan.

Selain itu, Dalam kunjungan ini juga didiskusikan kendala- kendala di lapangan serta upaya menggali potensi - potensi lain yang saat ini belum menjadi obyek pajak supaya nanti kita dorong dibuatkan perda atau Pergub.

Sutomo Jabir mencontohkan, persoalan yang kerap dihadapi oleh Bapenda salah satunya adalah kendaraan dari luar yang beroperasi dikaltim.

“Misalnya banyaknya kendaraan yang beroperasi di Kaltim tapi menggunakan nomor polisi luar kan pajaknya dibayar di daerah asal sedangkan beroperasinya di Kaltim, menggunakan jalan di Kaltim tapi pajaknya dibayar di daerah asal,” tegasnya.

Hal yang lain juga yang menjadi kendala yakni beberapa perusahaan yang masih enggan melaporkan jumlah alat berat yang mereka miliki.

“Misalnya alat berat masih banyak yang tidak terdata dan perusahaan masih banyak yang belum melaporkan alat beratnya sehingga perlu ada sistem kontrol,” tutupnya.

(Jr/*)