Share ke media
Olah Raga

Pecahkan Rekor Jumlah Peserta, Pemkab Harap Kejuaraan Pickeball Kukar Lahirkan Atlet Nasional

27 Oct 2023 02:00:1470 Dibaca
No Photo
Sekda Sunggono bersama Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura membuka Kejuaraan Pickleball Kukar 2023. (istimewa)

Tenggarong – Kejuaraan Pickleball Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2023 digelar di Gedung Futsal Komplek Gelanggang Olahraga (Gor) Aji Imbut, Perjiwa Tenggarong Seberang, Jumat (27/10/2023). Turnamen ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono dengan pemotongan tali bunga melati bersama Sultan Kutai Aji Muhammad Arifin.

Sunggono berharap kejuaraan ini bisa berlangsung sportif dan mengedepankan kejujuran. Pasalnya karakter seperti ini menjadi aset penting ketika masuk dalam sebuah kehidupan, termasuk sebagai masyarakat di manapun berada di negara ini.

“Karena itu harus saling mendukung kegiatan ini dan pentingnya menjaga kekompakan bekerja sama dan saling mendukung dalam mengelola Visi- Misi kita bersama untuk membangun Indonesia dan masyarakatnya bisa hidup dalam kesejahteraan dan kebahagiaan,” tuturnya.

Dalam hal ini Sunggono memberikan apresiasi pada Indonesia Pickelball Federation (IPF) Kukar yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Apalagi kejuaraan ini bisa menyedot animo masyarakat bukan hanya di Kukar dan Kaltim, tetapi juga dari luar Kalimantan.

“Mudah-mudahan ini, menandakan Pickleball di Kukar yang bisa menjadi barometer, menjadi kebanggaan di Indonesia. Mudah-mudahan dari kegiatan ini juga muncul atlet-atlet Pickleball yang bisa tidak saja membanggakan Kukar tetapi membanggakan Indonesia,” harapnya.

Untuk peningkatan olahraga di Kukar, Sekda Kukar menegaskan pihaknya selalu memberikan dukungan melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kukar. Karena KONI sebagai organisasi induk olahraga yang ada di Kukar.

“Semua se-Indonesia ini kan induknya ada di KONI sepanjang mereka bisa mempromosikan diri dan bergabung di KONI. Saya kira ini menjadi bagian penting yang sama dan didukung seperti olahraga lainnya, mudah-mudahan muncul atlet yang bisa jadi kebanggaan Kukar dan Indonesia,” terangnya.

Ketua Pengkab IPF Kukar Nurul Huda menerangkan, kejuaraan Pickleball yang digelar selama 4 hari ini dimulai 26-29 Oktober. Mempertandingkan kategori 18 tahun ke bawah, 19-35 tahun, dan 35-50 tahun. 

Kejuaraan ini digelar di beberapa tempat, meliputi Lapangan Sekretariat DPRD Kukar, Velodrom (balap sepeda), dan lapangan Futsal komplek Gor Aji Imbut, Tenggarong Seberang. Menariknya kejuaraan yang perdana digelar oleh Kukar itu dan memecahkan rekor peserta terbanyak se-Indonesia.

“Luar biasa magnet-nya Pickleball ini, dengan tagline easy and fun seluruh pecinta olahraga bisa berkumpul jadi satu disini dengan jumlah peserta 1.023 orang dari berbagai daerah di Indonesia,” ungkap Nurul. (dn)