Share ke media
Keagamaan

Pemkab Kukar Bertahap Berikan Hibah Rp100 Juta untuk Penguatan Pondok Pesantren

18 May 2024 10:00:46473 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar menyerahkan Hibah Rp100 juta di Pondok Pesantren Darun Nafi’ Samboja Barat. (istimewa)

Tenggarong - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah memberikan apresiasi kepada para pengurus pondok pesantren (Ponpes). Yaitu atas dedikasinya meluangkan waktu, pikiran dan tenaga untuk kemajuan ponpes.

Apresiasi ini disampaikannya saat bersilaturahmi dengan Pengurus Ponpes Darun Nafi’ dan Para Santri, Jumat (17/5/2024) di Pondok Pesantren Darun Nafi’ Samboja Barat.

“Ini merupakan salah satu aset masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara yang dikelola masyarakat atau yayasan dalam hal keagamaan untuk mencetak generasi muda yang hafal Al-Qur’an dan berakhlak mulia,” tutur Edi.

Dia menyebut silaturahmi ini merupakan upaya supaya masyarakat tahu bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) senantiasa hadir di setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat khususnya di ponpes. Bukan hanya hadir secara fisik, Pemkab juga hadir bersama program Kukar Idaman salah satunya program unggulan Penguatan Pondok Pesantren dengan memberikan bantuan sosial/hibah Rp100 juta, setiap tahun secara bertahap untuk proses belajar-mengajar.

“Bantuan ini kalau dilihat nilainya tentu tidak seberapa. Namun lihatlah keberpihakan pemerintah daerah untuk turut serta mendukung berkembangnya pondok pesantren,“ terang Edi.

Selain itu Pemkab melalui program Kukar Idaman juga memberikan beasiswa bagi para siswa-siswi Kukar. Termasuk juga untuk para santri dan para tahfiz.

Karenanya Edi meminta nantinya ponpes bukan hanya fokus pada agama. Melainkan sudah mulai juga menjadi pondok-pondok modern yang juga belajar kehidupan seperti pertanian hortikultura ataupun peternakan.

“Dengan mengembangkan berbagai usaha seperti pertanian, peternakan hingga elektronik agar para santri saat tamat dari pondok memiliki keahlian lebih,” tuturnya. (dn)