Share ke media
Ekonomi

Pemkab Kukar Dorong Optimalisasi Peningkatan Produktivitas Pertanian Berbasis Kawasan

24 Oct 2023 02:00:3364 Dibaca
No Photo
Rakor Pemkab Kukar bersama Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik terkait pembangunan pertanian di Hotel Platinum Balikpapan, Senin (23/10/2023). (istimewa)

Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara mendorong optimalisasi peningkatan produktiitas pertanian berbasis kawasan. Hal ini dipaparkan Bupati Kukar Edi Damansyah dalam Rapat koordinasi (rakor) bersama Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik terkait pembangunan pertanian di Hotel Platinum Balikpapan, Senin (23/10/2023).

Dalam penyampaiannya, Edi menerangkan pembangunan pertanian terintegrasi berbasis kawasan di Kukar yaitu pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif. Yang merupakan salah satu fokus dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Hal ini lantaran dari lima kawasan yang sudah ditetapkan existingnya pertaniannya, sudah berjalan baik pengembangan padi sawah, hortikultura, peternak dan perikanannya terdapat dalam satu kawasan. Sumber daya petani juga sudah tersedia.

“Jadi fokusnya memang cita-citanya nanti ingin mendorong bagaimana optimalisasi peningkatan produktivitas dengan melengkapi infrastruktur tani. Seperti jalan usaha tani, irigasi embung, alsintan dan pengembangan sumber daya manusianya,” terang Edi.

Dia berharap upaya yang dilakukan dapat meningkatkan produktivitas petani. Diharapkan pada kawasan-kawasan itu yang sebelumnya hanya bisa panen dua kali, bisa menjadi tiga kali setahun.

Selain itu dia juga berharap melalui Gubernur, pembangunan pertanian terintegrasi berbasis kawasan ini bisa diintegrasikan dengan Pemerintah Provinsi. Untuk mendapatkan dukungan sehingga cepat penyelesaiannya di kawasan ini.

“Misalnya dukungan kebutuhan alsintan sekian, kami sudah menyediakan sekian kekurangan didukung Pemerintah Provinsi. Seperti itulah kurang lebih gambarannya,” terang Edi. (dn)