Share ke media
Wisata

Pemkab Kukar Dukung Pelestarian Adat Melalui Festival Budaya Nutuk Beham

18 May 2024 12:00:3559 Dibaca
No Photo
Festival Budaya Nutuk Beham di Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun Darat. (istimewa)

Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mendukung pelestarian adat melalui penyelenggaraan festival-festival. Salah satunya Festival Budaya Nutuk Beham di Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun Darat.

Sebagaimana disampaikan Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat saat Festival Budaya Nutuk Beham Kutai Adat Lawas 2024, di Desa Kedang Ipil Kecamatan Kota Bangun Darat, Jumat (17/5/2024).

Membacakan sambutan Bupati Kukar, Akhmad Taufik menyebut Kukar merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alam. Tetapi juga memiliki ragam budaya yang unik dan berkarakter, yang menjadi warisan tak benda bagi generasi di masa mendatang. 

“Nutuk Beham merupakan salah satu adat istiadat dan kebudayaan yang ada di Kukar,” sebutnya.

Akhmad Taufik menyatakan, Nutuk Beham adalah tradisi yang dilaksanakan secara turun temurun. Sebagai kearifan lokal masyarakat Kutai Adat Lawas di Desa Kedang Ipil Kabupaten Kukar.

Pun begitu, tujuan dari upacara sakral Nutuk Beham ini adalah komunikasi kepada leluhur atas panen yang sudah dihasilkan. Serta ungkapan syukur masyarakat Suku Kutai Adat Lawas sekaligus bentuk harapan untuk keberhasilan panen di tahun-tahun mendatang.

Lebih lanjut ditegaskan, dalam upaya pelestarian budaya yang berkelanjutan, Pemkab Kukar sangat mendukung pelaksanaan kegiatan yang bernuansa seni budaya dan adat istiadat khas Kukar.

“Kita tidak saja memiliki kekayaan budaya tak benda, tetapi juga peninggalan berupa benda kuno dan keterampilan dalam membuat kerajinan, yang diturunkan secara turun temurun,” tandas Edi. (dn)