Share ke media
Pendidikan

Pemkab Kukar Gelar Bimtek Aparatur, Kawal Proses Kebijakan Mulai dari Tahap Formulasi

23 Oct 2023 02:00:0068 Dibaca
No Photo
Pemkab Kukar melalui Bagian Adbang Sekretariat Daerah melaksanakan bimbingan teknis peningkatan sumber daya aparatur di Balikpapan, Kamis (19/10/2023) sampai Ahad (22/10/2023). (istimewa)

Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bagian Administrasi Pembangunan (Adbang) Sekretariat Daerah melaksanakan bimbingan teknis peningkatan sumber daya aparatur di Balikpapan, Kamis (19/10/2023) sampai Ahad (22/10/2023). Sebagai implementasi tugas mengawal proses kebijakan mulai dari tahap formulasi hingga pengendalian dan evaluasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wiyono dalam arahannya menekankan, Bimtek ini bertujuan memberikan pemahaman kepada aparatur dalam menyinergikan kegiatan. Sehingga kinerja organisasi dapat dioptimalkan.

Dijelaskannya, Bagian Pembangunan harus mampu menyusun rencana aksi untuk merespon setiap permasalahan dan melakukan sinkronisasi seluruh stakeholder di bidang Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Perhubungan, Perencanaan Pembangunan, dan fasilitasi Bantuan Keuangan Provinsi serta Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap kebijakan daerah.

“Ini bukan berarti Bagian Administrasi Pembangunan mendominasi terhadap bagian-bagian lain di Setdakab. Tetapi harus dimaknai sebagai harapan besar bagi Bagian Administrasi Pembangunan untuk menjadi salah satu Bagian yang penting dan strategis di Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara,” ujarnya.

Kabag Administrasi Pembangunan Erma Sumarni berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan. Agar sumber daya aparatur yang ada dapat menyerap lebih banyak pengetahuan berupa rancangan rekomendasi kebijakan yang matang dan direview untuk dijadikan sebagai pilihan kebijakan yang akan diimplementasikan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bagian Organisasi, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kukar. (dn)