Share ke media
Pendidikan

Pemkab Kukar Harap Diklat Kecakapan Awak Kapal dan Orientasi LLAJ Hasilkan SDM Andal

26 Oct 2023 06:00:5691 Dibaca
No Photo
Sekda Kukar Sunggono (kanan) dalam pembukaan Diklat Kecakapan Awak Kapal dan Orientasi LLAJ. (istimewa)

Tenggarong – Diklat Kecakapan Awak Kapal Angkatan XVII dan XVIII serta Diklat Orientasi Lalu Lintas Angkatan Jalan (LLAJ) Angkatan VI dan VII digelar di Gedung Bappeda Lantai I, Rabu (25/10/2023). Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono mewakili Bupati membuka kegiatan ini. 

“Melalui diklat ini semoga para peserta bisa mengikuti dengan baik dan bisa mempunyai keahlian di bidang LLAJ sehingga Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mempunyai SDM yang bisa diandalkan di bidangnya. Seperti merencanakan permodelan transportasi, menyimulasikan kinerja lalu lintas, serta menilai kinerja lalu lintas,” urainya. 

Sunggono mengucapkan terima Kasih kepada peserta diklat, pengajar dan panitia pelaksana. Yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pembukaan diklat kecakapan Awak Kapal Angkatan XVII Dan XVIII Dan Diklat Orientasi LLAJ Angkatan VI Dan VII.

Dikatakannya Diklat Orientasi LLAJ memiliki mata diklat antara lain peraturan Perundang-undangan di bidang LLAJ, pengantar perencanaan transportasi, karakteristik dan survei lalu lintas, karakteristik dan survey angkutan umum, karakteristik dan pengujian kendaraan bermotor, pengantar keselamatan LLAJ.

Kurikulum program diklat ini meliputi pengetahuan, pemahaman dan keterampilan yang harus dicapai untuk mendapatkan surat tanda lulus pelatihan diklat kecakapan awak kapal dan diklat orientasi LLAJ. Kurikulum program diklat harus memenuhi ketentuan-ketentuan di atas dengan menerapkan pedoman yang ada bertujuan mendidik dan mengembangkan kemampuan, profesionalitas kerja dibidang transportasi, bidang keselamatan, dan mampu memberikan pelayanan dengan baik.

”Selama pelaksanaan diklat, saudara-saudara akan dibimbing oleh tenaga pengajar yang ahli di bidangnya. Sehingga pada kesempatan ini diharapkan saudara-saudara dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam masa pendidikan ini. Serap pengetahuan dan pengalaman yang diberikan oleh tenaga pengajar sehingga ketika selesai kegiatan ini, saudara-saudara mendapatkan hasil yang maksimal,” tuturnya.

Disampaikan, Diklat Kecakapan Awak Kapal dan Diklat Orientasi LLAJ ini bertujuan membentuk kualifikasi sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi sebagai petugas pelayanan. Dengan muatan mata diklat antara lain Pelayanan Prima, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Teknik Pemuatan di Kapal Sungai dan Danau, Sarana Bantu Navigasi Pelayaran dan Perambuan Sungai dan Danau, Keselamatan Pelayaran Sungai dan Danau, Tata Cara Berlayar di Alur Pelayaran Sungai dan Danau, Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Sungai dan Danau, Pencegahan Pencemaran dari Kapal Sungai dan Danau sehingga menjadi petugas yang Prima, Professional dan Beretika dalam memberikan pelayanan. (dn)