Share ke media
Populer

Pemkab Kukar Harap Kapasitas dan Kemampuan Satlinmas Bisa Terus Meningkat

17 May 2024 07:00:0856 Dibaca
No Photo
Akhmad Taufik (berpeci) menjadi narasumber pada Bimtek bagi anggota Satlinmas yang telah dikukuhkan se-Kaltim, di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong. (istimewa)

Tenggarong – Kapasitas dan kemampuan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kaltim diharapkan bisa terus meningkat. Harapan ini disampaikan Asisten I Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Akhmad Taufik Hidayat, Kamis (16/5/2024).

Akhmad Taufik menjadi narasumber pada kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) bagi anggota Satlinmas yang telah dikukuhkan se-Kaltim, di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong.

“Satlinmas ini merupakan organisasi yang kuat, dimana keberadaannya memiliki dasar hukum yang kuat sesuai Permendagri nomor 26 tahun 2020,” jelasnya.

Disampaikan, linmas adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana. Serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketenteraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan umum.

Dirinya berharap ke depan apa yang telah disampaikannya tersebut bisa memberikan dampak yang positif kepada para personel Satlinmas se-Kaltim khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas, dan kemampuan.

“Terlebih khusus dalam menghadapi agenda-agenda besar kita, terutama dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini,” tegas Akhmad Taufik.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kaltim ini sendiri diikuti peserta sebanyak 60 orang yang berasal diantaranya dari Kukar, Kutai Barat (Kubar), Paser, Samarinda, dan Balikpapan. (dn)