Share ke media
Ekonomi

Pemkab Kukar Harap Perseroda Terus Berkontribusi Tingkatkan PAD Kukar

27 Oct 2023 02:00:5960 Dibaca
No Photo
Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Pemerintahan dan Kesra Didi Ramyadi. (ist)

Tenggarong - Perusahaan Persero Daerah (Perseroda) diharapkan bisa berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kutai Kartanegara (Kukar). Harapan ini disampaikan Staf Ahli Bupati Kutai Kartanegara Bidang Pemerintahan dan Kesra Didi Ramyadi menghadiri Syukuran HUT ke-5 Perseroda PT Mahakam Gerbang Raja Migas (MGRM), Kamis (26/10/2023).

Mengucapkan selamat hari jadi ke 5 PT MGRM, Didi mengharapkan Perseroda ini makin kokoh, solid, dan menjadi besar. Demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Kukar.

Dijelaskan, awalnya PT MGRM merupakan salah satu perusahaan daerah yang dipercayakan untuk mengawasi pengelolaan sumber daya alam (SDA) Kukar. Besarnya potensi sumber daya alam yang Kukar miliki dirasakan belum maksimal dalam hal pemanfaatannya kembali untuk masyarakat Kukar.

Menyikapi hal tersebut ungkap Didi, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar berupaya turut aktif terlibat dalam pengelolaan SDA tersebut agar masyarakat Kukar juga bisa dapat merasakan manfaatnya. Khususnya dalam hal kemajuan dan perbaikan infrastruktur maupun perekonomian.

Melalui Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembentukkan Badan Usaha Milik Daerah Perseroan Terbatas Mahakam Gerbang Raja Migas, PT MGRM menjadi BUMD yang diberi tugas dan kewenangan untuk mengelola secara khusus Participating Interest 10% pada kegiatan hulu minyak dan gas bumi.

“Di bawah kepemimpinan Direktur yang baru, saya menaruh harapan besar bahwa PT MGRM menjadi perusahaan daerah yang turut menyumbangkan PAD bagi Kukar,” sebut Didi.

Diharapkan pada usia yang ke-5 tahun ini MGRM bisa memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya membangun dan menyejahterakan masyarakat Kukar. Sebagai upaya untuk mendukung Pemkab Kukar dalam meningkatkan PAD.

Pihaknya juga berharap di usia ke 5 tahun PT MGRM berkembang menjadi perusahaan daerah yang tidak saja berskala daerah. Melainkan ke depannya mampu berkembang pesat bahkan mungkin melakukan ekspansi dan diferensiasi usaha agar dapat menyerap tenaga kerja lokal dengan lebih banyak.

“Mari bersama-sama kita bangun Kutai Kartanegara menjadi tempat yang aman, damai, sejahtera. Rakyatnya tenteram dan bahagia karena semua kebutuhan dasarnya telah dapat dipenuhi oleh Pemerintahnya. Fasilitas pendidikan dan kesehatan tersedia lengkap dan melayani dengan baik dan besar harapan saya PT MGRM menjadi kontributor dalam pencapaian hal tersebut,” tutupnya. (dn)