Share ke media
Populer

Pemkab Kukar Ingatkan RSUD AM Parikesit Tingkatkan Mutu Pelayanan Berkelanjutan

26 Oct 2023 07:00:38418 Dibaca
No Photo
Sekda Sunggono saat membuka survei akreditasi RSUD AM Parikesit, Rabu (25/10/2023). (istimewa)

Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono mengingatkan RSUD AM Parikesit untuk meningkatkan mutu pelayanan berkelanjutan. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sunggono saat membuka survei akreditasi RSUD AM Parikesit, Rabu (25/10/2023).

Sekda Sunggono saat membacakan sambutan bupati menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar menjadikan bidang kesehatan sebagai salah satu prioritas dalam pembangunan daerah. Yang merupakan salah satu unsur penopang peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Sebagai bidang yang diberikan amanah terhadap pemenuhan standar pelayanan minimal maka sudah sepantasnya perhatian pemerintah daerah sangat tinggi kepada bidang kesehatan termasuk pada RSUD Aji Muhammad Parikesit,” terangnya.

Sunggono menyebut, dukungan yang diberikan pemerintah daerah meliputi semua aspek. Baik dari sisi pembiayaan, pemenuhan sarana dan prasarana, sumber daya manusia, serta peningkatan tata kelola pelayanan maupun fasilitas penunjang. 

Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pencapaian target program dan kegiatan, beberapa penghargaan dan juga banyaknya benchmarking dari rumah sakit lain ke RSUD AM Parikesit.

“Pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan bahwa proses penilaian akreditasi yang dilakukan secara reguler ini merupakan tools atau perangkat bagi rumah sakit dalam upaya menjaga mutu dan keselamatan pasien,” papar Sunggono.

Karena itu dia berpesan upaya perbaikan mutu melalui survei akreditasi tidak hanya dipersiapkan saat akan menghadapi survei akreditasi saja. Tetapi terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan terus menerus serta yang lebih penting dijadikan budaya dalam pekerjaan dan perilaku sehari-hari.

“Survei akreditasi ini hendaknya kita jadikan momen untuk penyegaran terhadap upaya peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien secara terus-menerus. Agar pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit tetap berada pada prosedur yang benar,” sebut Sunggono.

Plt Dirut RSUD AM Parikesit Martina Yulianti mengakui keberadaan dan pencapaian RSUD AM Parikesit hingga saat ini tidak lepas peran dari pemerintah daerah. Dukungan dan perhatian dari Pemkab Kukar yang tentu saja tidak hanya bagi RSUD AM Parikesit, namun juga pada seluruh bidang kesehatan yang ada. (dn)