Share ke media
Olah Raga

Pemkab Kukar Lepas Tim Marching Band KKDC Berangkat Ikuti Piala Raja Hamengku Buwono X 2023

15 Oct 2023 02:00:1365 Dibaca
No Photo
Penampilan Tim KKDC dalam pelepasan untuk mengikuti kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono X tahun 2023 di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Sabtu (14/10/2023). (istimewa)

Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melepas tim marching band Kutai Kartanegara Drum Corps (KKDC). Untuk mengikuti kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono X tahun 2023.

Pelepasan ini dilakukan Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Administrasi Umum Ahyani Fadianur Diani di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Sabtu (14/10/2023). Ahyani membacakan sambutan Bupati Kukar mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada jajaran pengurus KONI, pengurus cabang dan para pelatih marching band Kukar. Serta semua pihak yang penuh semangat dan mampu bekerja sama, mendukung tim atlet marching band Kukar yang akan berkompetisi pada ajang kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono X.

Menurutnya, kejuaraan marching band seperti Piala Raja Hamengku Buwono X merupakan salah satu event cabang olahraga rekreatif di Indonesia yang dilaksanakan untuk membangun semangat kompetitif dan sportivitas. Serta persahabatan antardaerah di Indonesia, khususnya dalam merespon dinamika pembangunan bidang olahraga yang juga populer dan menghibur di tengah masyarakat.

Edi mengatakan, Pemkab Kukar dalam proses penyelenggaraan pembangunan di daerah terus berupaya mengembangkan dan menyinergikan berbagai program pembangunan sumber daya manusia di bidang olahraga. Termasuk fasilitas dan sarana prasarana pendukungnya, serta mengajak seluruh komponen masyarakat untuk dapat berpartisipasi di dalamnya.

“Pemerintah Kabupaten Kukar, tentunya mendukung dan berkomitmen tinggi. Untuk membangun prestasi olahraga di daerah yang lebih tinggi, dengan memberikan perhatian dan penghargaan bagi para atlet olahraga yang telah berprestasi, mengharumkan nama daerah di setiap event olahraga. Baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Untuk itu Edi berharap para pembina, pelatihan dan pemain untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya tim dalam mengikuti ajang kompetisi yang akan diikuti tersebut. Guna menjaga kekompakan dan harmonisasi serta penuh semangat agar bisa menampilkan permainan terbaik serta berhasil meraih prestasi terbaik daerah dengan menjunjung tinggi sportivitas.

Ketua panitia Subono mengatakan, para atlet yang tergabung dalam KKDC tersebut berasal dari siswa-siswi dan mahasiswa dari sekolah serta perguruan tinggi yang berada di Kukar.

“Kegiatan itu nantinya dilaksanakan dari tanggal 18 sampai 24 Oktober 2023 di Yogyakarta,” jelas Subono.

Pihaknya berharap para guru dan orang tua dari para atlet bisa mendukung dan mendoakan. Sehingga nantinya tim KKDC yang akan bertanding pada kejuaraan Piala Raja Hamengku Buwono X tahun 2023 meraih hasil yang positif.

“Kegiatan ini bisa terlaksana berkat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kukar,” kata dia.

Lebih lanjut, Subono menyebut nantinya tim KKDC akan mengikuti tiga kategori lomba yaitu kategori Street Parade, kategori Battle Perkusi, dan kategori Soband atau Display. (dn)