Share ke media
Populer

Pemkab Kukar Semakin Gencar Distribusi Vaksinasi

07 Nov 2021 01:00:3727 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar, Edi Damansyah.(Ist)

KUKAR- Dalam rangka percepatan Vaksinasi di Kukar, Pemkab bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar semakin gencar melaksanakan vaksinasi. Pada kesempatan kali ini Pemkab Kukar melakukan vaksinasi massal untuk dosis pertama dan kedua di Kecamatan Sangasanga, Rabu (4/11/2021).


Vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan di Puskesmas Sangasanga itu berlangsung lancar. Pihak Puskesmas menyediakan 500 dosis vaksin untuk warga yang berusia 30 tahun ke atas.


Agar tidak terjadi kerumunan, pihak Puskesmas membagi waktu vaksinasi pada pagi dan siang hari.


Saat meninjau kegiatan tersebut, Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi penyelenggara dan masyarakat yang antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 ini.


Kata dia, vaksinasi merupakan upaya pemerintah untuk melindungi warga dari wabah COVID-19. Pemerintah pun terus mendorong percepatan vaksinasi bagi masyarakat Kukar agar tercapai target 70 persen masyarakat yang tervaksinasi.


Target tersebut diharapkan dapat menciptakan kekebalan kelompok. Hal ini sebagai salah satu kunci pengendalian penyebaran COVID-19 di Kukar.


Bupati Kukar juga mengajak masyarakat agar tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan dengan menerapka 3M: menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.


Sebelumnya, Pemkab Kukar bersama berbagai unsur di daerah ini terus mendorong vaksinasi COVID-19 terhadap para pelajar yang tersebar di berbagai sekolah di Kukar.


Saat menghadiri kegiatan vaksinasi di SMPN 1 Tenggarong pada Selasa (26/10/2021) pagi, Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar, Harjarin menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi di sekolah tersebut merupakan kegiatan yang diinisiasi Polres Kukar.


“Tidak hanya diperuntukkan untuk SMPN 1, tetapi juga ada beberapa sekolah yang tergabung di sini,” jelasnya.


“Ada sekitar 110 orang dari SMPN 1 dan ditambah lagi MTs dan SMP-SMP lainnya,” lanjutnya.


Harjarin berharap target vaksinasi sebanyak 500 dosis ini dapat tercapai. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Polres dan TNI yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.


Sejauh ini, sebut dia, vaksinasi di SMPN 1 Tenggarong telah mencapai 60 persen. Dengan adanya vaksinasi tersebut, jumlahnya bisa mencapai 90 persen.


“Kalau di Kukar kurang lebih untuk siswanya sekitar 40 persen,” ungkapnya.


Terkait target vaksinasi hingga 100 persen di kalangan pelajar, Harjarin mengaku belum dapat memastikannya. Saat ini pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Satgas dan Dinas Kesehatan Kukar.


Kegiatan vaksinasi di kalangan pelajar, sambung dia, berkaitan juga dengan persiapan dan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di seluruh sekolah di Kukar.


“Kalau guru kita semuanya hampir 90 persen di Kukar ini sudah vaksinasi. Cuma siswa kita. Karena ada kendala, terutama di daerah-daerah tertentu yang susah dijangkau. Termasuk juga ada pandangan dari orang tua yang anaknya belum bisa divaksin,” pungkasnya. (adv/top)