Share ke media
Populer

Pemkab Kukar Siap Bantu Sediakan Data untuk Riset Pengembangan IKN di Kaltim

08 Nov 2023 01:00:33202 Dibaca
No Photo
Jajaran Pemkab Kukar dipimpin Plt Asisten III Dafip Haryanto menerima kunjungan kerja Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi, Senin (6/11/2023). (istimewa)

Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) siap membantu penyediaan data untuk riset pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim. Hal ini ditegaskan saat jajaran Pemkab Kukar dipimpin Plt Asisten III Dafip Haryanto menerima kunjungan kerja Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi, Senin (6/11/2023).

Andri Subandriya dari Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi mengatakan, kunjungan ini sehubungan dengan kegiatan riset. Yang berjudul Optimasi Penyediaan Listrik Melalui Demand Side Management dan Distributed Power Generation yang mengambil study case pengembangan wilayah ibu kota nusantara (IKN).

“Dengan kunjungan kami ini guna meminta beberapa data yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan didaerah IKN,” ungkap Andri. 

Lebih lanjut disampaikan, terdapat beberapa data yang sangat diperlukan sehubungan penelitiannya. Yaitu berupa pengumpulan data primer terkait pembangkit listrik di Kaltim, potensi EBT, data demografi, ekonomi, dan potensi EBT di Kabupaten Kukar sebagai input model energi yang akan disusun.

“Demi kelancaran kegiatan tersebut, kami cantumkan narahubung data demografi Kabupaten Kukar, data historis ekonomi Kabupaten Kukar, data kebutuhan energi tahunan di Kabupaten Kukar per jenis energi, data potensi energi terbarukan di Kabupaten Kukar berdasarkan hasil survei, data kondisi industri di Kabupaten kukar dan data kondisi sosial budaya di Kabupaten Kukar,” urai Andri.

Karenanya dia berharap kerja sama antara timnya bersama Pemkab Kukar bisa berjalan dengan baik. Hingga tersajinya data sampai waktu yang telah ditentukan. 

Plt Asisten III Dafip Haryanto menyambut baik atas kedatangan Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi ke Kabupaten kukar. Menurutnya apa yang menjadi keinginan yang sudah tercantum di surat permintaan yang telah terlampir sebelumnya. 

“Kami siap bersama OPD terkait akan bersedia memberikan informasi yang diminta,” ungkap Dafip.

“Semoga kami bisa turut membantu dalam kelancaran penelitian ini hingga bisa mendapatkan informasi yang akurat dan bisa diolah dengan baik,” tegasnya. (dn)