Share ke media
Hukum

Pengambilan Sumpah 35 Advokat oleh Pengadilan Tinggi Kaltim

08 Aug 2018 12:00:11183 Dibaca
No Photo
Ruang sidang tempat pengambilan sumpah dan janji 35 orang Advokat se Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Kaltim, Samarinda Rabu, 8/8/2018

Samarinda - Bertempat di ruang serbaguna Pengadilan Tinggi (PT) Kaltim, Rabu (8/8/2018) pukul 10.30 WITA. sebanyak 35 orang Advokat dari perkumpulan DPD Kongres Advokay Indonesia (KAI) ini langsung diambil sumpah oleh Ketua PT kaltim. 

Presiden KAI Toetjoe Sandjaja Hernanto dan Ketua DPD KAI Kaltim Rukhi Santoso, bersama para ketua DPC KAI kabupaten dan kota se Kaltim, turut hadir mendampingi apara advokat se wilayah hukum PT Kaltim. 

Dalam sambutannya Ketua PT Kaltim Soedarmadji menyampaikan bahwa penyumpahan ini harus sadar dimaknai oleh para advokat sebagai aparat penegak hukum lainnya dengan penuh rasa tanggung jawab dan berikrar dengan esensi amanah serta memegang teguh kebenaran dan keadilan. 

Terus menajamkan, mengasah diri, mengasah integritas, mengasah kepekaan intelektual dan emosional, progresif mengikuti dinamika dan peradaban yang ada, dan kebenaran itu harus diraih dg prosedur yang benar dan cara-cara yg benar”, pesan Soedarmadji. 

M. Husni Fahruddin, salah seorang advokat muda yang hadir pada acara diambil sumpah/janji pada Rabu, 8/8/2018 di ruang serbaguna Pengadilan Tinggi (PT) Kaltim tersebut, ketika diminta tanggapannya mengatakan : “sesungguhnya ini bukan pelantikan, tetapi pengambilan sumpah/janji sebagai seorang advokat, dengan demikian patut disadari dan benar-benar dipegang teguh bahwa sumpah/janji yang diucapkan mengandung esensi amanah dan tanggung jawab sebagai seorang pengabdi keadilan dan kebenaran, sebagai bagian dari elemen penegakan hukum di negeri ini” pungkasnya. (*Red/A/dr)