Share ke media
Kuliner

Pepes Kepiting Khas Kaltim

04 Mar 2018 02:00:281370 Dibaca
No Photo
Pepes Kepiting Khas Kaltim

Banyak orang yang mengatakan pepes adalah cara khas orang Sunda di Jawa Barat dalam mengolah ikan dengan berbagai bumbu dan kemudian membungkusnya dengan daun pisang. Bungkusan ini kemudian dikukus hingga matang untuk dihidangkan.

Namun ternyata, pepes juga menjadi menu khas dari Balikpapan dan Samarinda, dua kota besar di Kalimantan Timur. Berbeda dengan pepes di Jawa Barat yang biasanya terbuat dari ikan, pepes di Kota Tepian justru terbuat dari daging kepiting murni.

Di kedua kota itu, pepes kepiting biasanya menggunakan kepiting soka atau kepiting lemburi. Kepiting di sini agak unik karena ukuran badan dan kakinya (capit) tidak proporsional. Ukuran capitnya lebih besar daripada badannya tapi penuh berisi daging. Kepiting jenis ini sangat digemari oleh pencinta boga bahari karena kulitnya tidak perlu disisihkan sehingga tidak repot dalam mengolah dan memakannya.

Kulit kepiting soka ternyata bernutrisi tinggi karena banyak mengandung chitosan dan karotenoid. Chitosan adalah bahan alami antibakteri yang mempunyai banyak manfaat dalam dunia kesehatan, industri, pengawetan hingga kosmetika. Sementara itu karotenoid merupakan golongan senyawa kimia organik bernutrisi yang terdapat pada pigmen alami tumbuhan dan hewan laut.

Untuk membuat pepes kepiting, pertama-tama kepiting dibersihkan, lalu direbus. Setelah itu daging kepiting dipisahkan dari cangkang dan kulitnya. Bumbu-bumbu seperti jahe diparut, tomat diiris-iris, bawang merah, bawang putih dan kemiri kemudian dihaluskan. Campur semuanya hingga merata.

Lalu, tambahkan cabe rawit, daun kemangi, dan garam secukupnya. Campurkan lagi hingga merata. Setelah itu bungkus adonan dengan daun pisang, kemudian kukus sampai matang. Terakhir dipanggang di atas bara api sebentar. Angkat, siap dihidangkan.

Salahsatu tempat untuk menikmati pepes kepiting yang terkenal adalah Pepes Kepiting Bu Sumiati yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman RT 22 No.31, Komplek Lapas, Balikpapan, Kaltim.

Tempat lainnya adalah Rumah Makan Torani yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati pepes kepiting. Rumah makan ini selalu ramai karena menunya cukup bervariasi khususnya boga bahari. Namun, menu yang paling terkenal di rumah makan ini adalah pepes kepiting yang rasanya sangat lezat. Rumah makan ini beralamat di Stall Kuda, jalan Jendral Sudirman No. 73, Balikpapan.

Tidak hanya sedap jika dinikmati dengan nasi, pepes kepiting juga menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa ketika berkunjung ke Samarinda dan Balikpapan. (*)