Share ke media
Populer

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 di Kukar Jadi Momentum Bangkitkan Semangat Kolaborasi

28 Oct 2023 12:00:4670 Dibaca
No Photo
Wabup Kukar Rendi Solihin memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2023). (istimewa)

Tenggarong – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin memimpin upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 di lapangan upacara Kantor Bupati Kukar, Sabtu (28/10/2023). Mengenakan pakaian adat Kutai, Rendi dalam kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Dikatakan, momentum HSP tahun ini mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda. Yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam sumpah pemuda 1928. Yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Rendi menjelaskan, peringatan HSP tahun ini mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”. Logonya bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. 

“Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah RI sudah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi Indonesia sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusivitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

“Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoaks, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya, tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur,” terangnya.

Rendi lantas mengajak semua stakeholder terkait menjadikan peringatan HSP tahun ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. (dn)