Share ke media
Keagamaan

Pesan Bupati Kukar pada Pelepasan Jemaah Haji, Minta Petugas Lakukan Ini

11 May 2024 04:00:08464 Dibaca
No Photo
Bupati Edi Damansyah (baju putih) melakukan pelepasan secara simbolis jemaah Haji Kukar Tahun 2024 M/1445 di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong, Jumat (10/5/2024). (istimewa)

Tenggarong – Bupati Edi Damansyah melakukan pelepasan secara simbolis jemaah Haji Kutai Kartanegara (Kukar) Tahun 2024 M/1445 di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong, Jumat (10/5/2024). 

Dalam pelepasan itu Edi meminta para petugas haji memberikan pelayanan ekstra kepada jemaah Haji Kukar. Khususnya lanjut usia (lansia) yang mempunyai riwayat penyakit, supaya bisa beribadah dengan baik dan aman.

“Walaupun tahun ini petugas Haji tidak sepadan dengan jumlah jamaah, tentu saya berharap kepada para petugas Haji untuk terus fokus terhadap tugas dan fungsinya dalam mendampingi dan memberikan pelayanan terbaik untuk jemaah,” kata dia.

“Apalagi tahun ini cukup banyak calon haji yang lansia, saya minta layani dengan baik dan ekstra pendampingan. Di Mekkah cuacanya panas, perlu bimbingan kesehatan, yang utama adalah mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusyu,” sambung Edi.

Lebih lanjut dia berpesan kepada petugas haji untuk banyak berkomunikasi dengan jemaah. Selain itu mesti mendampingi dan memberikan edukasi agar tidak ketergantungan dengan petugas atau bisa lebih mandiri.

Sementara kepada para jamaah haji, Edi berpesan agar semua dapat berjalan dengan baik, kiranya untuk terus menjaga kesehatan, istirahat yang cukup. Kemudian melaksanakan ibadah sesuai dengan apa yang dipelajari pada manasik haji, fokus ibadah, serta mengikuti instruksi petugas atau ketua rombongan.

“Semoga seluruh para jemaah Haji selalu diberikan kemudahan, keselamatan, kelancaran dan kesehatan dalam melaksanakan ritual ibadah haji khususnya wukuf Arafah. Pergi ke Tanah Suci selamat dan pulang ke Kukar juga selamat,” harap Edi. (dn)