Share ke media
Olah Raga

Pesoda I Kukar 2023 Resmi Dimulai, Wadah Kompetisi Atlet Special Paralympic

27 Oct 2023 10:00:4263 Dibaca
No Photo
Kontingen atlet dalam pembukaan Pesoda Kukar I 2023. (istimewa)

Tenggarong – Pekan Olahraga Spesial Daerah (Pesoda) I Se-Kutai Kartanegara (Kukar) resmi dibuka di Halaman Kantor Bupati Kukar, Rabu (26/10/2023). Ajang olahraga ini dibuka Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar Zukran. 

Zukran membacakan pesan tertulis Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, dalam kehidupan masyarakat, olahraga sangat erat kaitannya dengan pembangunan. Olahraga tidak hanya berperan dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Tetapi juga mampu untuk membentuk karakter dan kepribadian anak bangsa. 

“Semangat juang, pantang menyerah, bekerja sama, dan berkompetisi menjadi yang terbaik merupakan unsur unsur yang dapat diperoleh dengan berkompetisi dalam bidang olahraga,” ungkapnya.

Disampaikan, Pesoda I Kukar 2023 adalah wadah berhimpun untuk berkompetisi atlet Special Paralympic. Dalam upaya pembinaan dan pengembangan untuk mencapai prestasi yang optimal sebagai pemasok olahragawan regional, nasional dan internasional. 

Fungsinya untuk melaksanakan pembibitan dan pembinaan prestasi olahraga special secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Pesoda I Kukar 2023 diharapkan bisa sebagai wahana pembinaan atlet special olahraga melalui kompetisi. 

“Pekan Special Olahraga Daerah I Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2023 bertujuan untuk ajang kompetisi dan evaluasi pembinaan spesial olahraga terpadu dan terarah,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pesoda ini adalah juga sebagai bentuk penjaringan atlet Special Olympic Indonesia (SoIna) di Kukar dan dilaksanakan setiap tahun. Guna persiapan ke tingkat provinsi, nasional maupun internasional dan juga sebagai penjaringan atlet untuk disiapkan ke tingkat nasional dan internasional.

“Semoga event ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, dapat menjadi wahana bagi para atlet, untuk menunjukkan bakat dan kemampuannya di bidang olahraga. Untuk itu, Pemda Kukar akan terus berkomitmen dalam memajukan olahraga, serta memberikan apresiasi bagi mereka yang berprestasi, tanpa adanya diskriminasi,” harapnya.

“Melalui event Pesoda ini, saya menaruh harapan untuk kemajuan olahraga di Kukar. Kepada seluruh atlet dan kontingen Pesoda, saya ucapkan selamat bertanding. Tunjukkan kemampuan terbaik, semangat juang yang tinggi, serta junjung tinggi sportivitas dan keselamatan bersama,” imbuhnya. 

Dikatakan, nantinya kegiatan ini juga akan dilakukan pengawasan secara terukur dan juga dievaluasi Dinas Kepemudaan dan Olahraga melalui bidang peningkatan prestasi olahraga. Sebagai bahan rekomendasi pelaksanaan kegiatan.

Pesoda ini sendiri merupakan ajang yang khusus diselenggarakan untuk anak-anak bertalenta khusus di bawah naungan organisasi SOIna. Diikuti 10 kabupaten/kota se-Kaltim dari Tanggal 25-27 Oktober 2023. Dengan cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi atletik, renang, bocce, boccia, bulu tangkis, sepak bola, dan tari daerah. (dn)