Share ke media
Keagamaan

Pimpin Rakor Persiapan MTQ Ke-44 Kukar, Sekda Sebut Banyak yang Perlu Diperhatikan

07 Oct 2023 01:00:2264 Dibaca
No Photo
Sekda Kukar Sunggono saat memimpin rakor persiapan MTQ ke-44. (istimewa)

Tenggarong – Rapat koordinasi (rakor) tentang Persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-44 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) digelar Kamis (5/10/2023). Bertempat di Ruang Rapat Sekretariat LPTQ Kukar Jalan Jelawat Tenggarong,

Sekda Kukar dan juga selaku Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) memimpin rakor ini.

Kata dia, rapat tersebut merupakan agenda utama terhadap pemantapan kesiapan pelaksanaan MTQ. Khususnya ketua Panitia pelaksana yang dalam hal tersebut yakni Camat Kota Bangun Darat memaparkan sudah sejauh mana kesiapan terhadap pemondokan kafilah.

“Kiranya camat Kota Bangun Darat dapat mempresentasikan sudah sejauh mana kesiapan panitia terhadap beberapa jumlah pemondokan, khususnya pemenuhan toilet di setiap pemondokan minimal rasio 7 orang banding 1 toilet. Sehingga diharapkan saat hari pemondokan atau hari pelaksanaan MTQ khafilah dapat terfasilitasi dengan baik,” sebutnya.

Sunggono mengatakan, melihat hasil pemaparan dari Camat Kota Bangun Darat, diketahui masih banyak yang perlu diperhatikan, evaluasi, serta ditindaklanjuti. Sehingga pada H-7 semua kesiapan sudah dapat terpenuhi. Begitu juga seluruh panitia diharapkan dapat bekerja sama dengan baik guna menyukseskan perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten di Kecamatan Kota Bangun Darat.

“Oleh karena itu masing-masing panitia juga diminta bertanggung jawab dengan bidang masing-masing, jangan saling melempar tugas,” kata Sunggono.

“Sesuai dengan penjelasan dari ketua panitia MTQ Kecamatan Kota Bangun Darat dapat bergerak cepat seluruh panitia untuk terus melakukan perbaikan serta memenuhi semua keperluan yang ada. Sehingga kegiatan ini nantinya dapat dikemas dengan baik sehingga tidak ada benturan antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya. Harapan kami kegiatan dapat berjalan sukses, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Kota Bangun Darat yang juga selaku Ketua Panitia MTQ Kota Bangun Darat Zulkifli mengatakan, sampai saat ini dirinya bersama seluruh panitia terus melakukan pembenahan. Serta mempersiapkan segala macam kebutuhan dalam pemenuhan dalam kegiatan namun masih banyak keterbatasan. Karena itu pihaknya meminta bantuan dari seluruh OPD terkait agar dapat mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten di Kecamatan Kota Bangun Darat.

“Sampai saat ini kami terus melakukan pemenuhan dan perbaikan terhadap perlengkapan maupun kekurangan didalam pemondokan maupun hal lainnya dengan memaksimalkan potensi kami di Kecamatan Kota Bangun Darat. Namun selebihnya kami berharap dari pemerintah Daerah kabupaten Kukar khususnya OPD terkait dapat mendukung dan memfasilitasi kekurangan yang ada sehingga kesiapan yang sudah ditargetkan selesai tepat waktu,” paparnya.

“Selain itu berbagai persiapan lainnya juga sudah dibahas termasuk transportasi dan akomodasi, ketersediaan listrik, ketersediaan air bersih (PDAM) dan lain sebagainya bisa memberikan dukungannya guna bersama bisa mensukseskan kegiatan MTQ di Kecamatan Kota Bangun Darat,” tegasnya. (dn)