Share ke media
Ekonomi

Pj Gubernur Kaltim Dukung Upaya Pemkab Kukar Kembangkan Pertanian Terintegrasi

24 Oct 2023 02:00:5372 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar Edi Damansyah (kiri) bersama Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik. (istimewa)

Tenggarong – Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik memberikan apresiasi serta dukungan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Dalam upaya pengembangan pembangunan pertanian dalam arti luas. 

Hal ini disampaikannya pada rapat koordinasi (rakor) bersama Pemkab Kukar Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik terkait pembangunan pertanian di Hotel Platinum Balikpapan, Senin (23/10/2023). Dalam rakor itu, Bupati Edi Damansyah memaparkan perihal pembangunan pertanian terintegrasi berbasis kawasan di Kukar.

“Saya sangat apresiasi Pak Bupati. Saya melihat ada semangat dan spirit disini di Kutai Kartanegara,” ungkap Akmal Malik usai mendengar pemaparan Bupati.

Malahan dia menginginkan semua daerah mitra Ibu Kota Nusantara (IKN) menggagas dan melakukan terobosan seperti yang dilakukan Kukar. Dalam hal ini Akmal ingin tahu langkah-langkah dan integrasi seperti apa yang harus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk mendukung pembangunan pertanian terintegrasi di Kukar. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono menyebut, terdapat lima kawasan sebagai proyek percontohan pembangunan pertanian terintegrasi berbasis kawasan ini meliputi Kecamatan Marang Kayu, Sebulu-Muara Kaman, Tenggarong-Loa Kulu, Tenggarong Seberang I, dan Tenggarong Seberang II.

Pembangunan pertanian terintegrasi berbasis kawasan ini, sebutnya bertujuan menjaga konsistensi pembangunan pertanian berbasis potensi wilayah. 

“Meningkatkan nilai tambah pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani secara bertahap, efisiensi dan efektivitas pembiayaan pembangunan daerah, dan menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru, sebagai pendorong pembangunan ekonomi wilayah secara gradual,” urainya. (dn)