Share ke media
Ekonomi

Plafon Rp50 Juta Jangka Tiga Tahun, Bupati Edi Ajak Para Petani Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

17 Oct 2023 12:00:4746 Dibaca
No Photo
Bupati Edi Damansyah mengajak para petani memanfaatkan program Kredit Kukar Idaman. (istimewa)

Tenggarong – Bupati Edi Damansyah mengajak para petani memanfaatkan program Kredit Kukar Idaman. Apalagi program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) ini menyediakan plafon hingga Rp50 juta dengan jangka tiga tahun dengan persyaratan yang sangat mudah diakses melalui Bankaltimtara.

Ajakan ini disampaikannya dalam peluncuran Kredit Kukar Idaman bagi para petani, nelayan, dan pembudidaya ikan bersamaan pencanangan Gerakan Pangan Murah Serentak se-Indonesia, Senin (16/10/2023) di Halaman Parkir Kantor Bupati, Tenggarong.

“Launching Kredit Kukar Idaman tersebut merupakan komitmen pemkab Kukar dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat mengakses permodalan dengan bunga nol persen,” tutur Edi.

Kata dia, Kredit Kukar Idaman diperuntukkan dengan ketentuan bagi petani, nelayan pembudidaya ikan. Termasuk kelompok tani hutan melalui kegiatan pertanian hutan sosial.

“Jadi kredit ini menjamin semua kelompok tani dan boleh diakses untuk meminjam untuk permodalan dengan bunga nol persen, plafon Rp50 juta dan sesuai dengan analisis di lapangan oleh pihak Bankaltimtara,” terang Edi.

Dipaparkan, jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 bulan. Skema pembayarannya pun diangsur setiap kali panen atau setiap kali produksi secara periodik. Sesuai batas waktu akhir pengembalian.

“Kredit Kukar Idaman ini sudah dianalisis dan sangat mudah diakses bagi para petani, nelayan dan pembudidaya ikan. Dengan hanya mengembalikan pokoknya saja, untuk itu silahkan manfaatkan program Kredit Kukar Idaman,” sebut Edi.

Karena itu dia juga menyerukan masyarakat untuk berhenti meminjam modal ke rentenir yang ada di Kukar. Untuk beralih memanfaatkan Kredit Kukar Idaman yang makin mudah diakses. 

“Pemkab Kukar telah mengalokasikan penyertaan modal ke Bankaltimtara untuk dapat berkontribusi bagi pengembangan perekonomian daerah. Khususnya di sektor riill yang ada di Kukar,” tegas Edi. (dn)