Share ke media
Wisata

Promosi Budaya dan Pariwisata, Dispar Kukar Gelar Etam Begenjoh di Malang

19 May 2024 12:00:45414 Dibaca
No Photo
Tradisi Beseprah mengawali Etam Begenjoh di Kota Malang. (istimewa)

Malang – Upaya promosi budaya dan pariwisata terus dilakukan Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satunya melalui Festival Etam Begenjoh, di Alun-Alun Merdeka Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/5/2024) yang digelar bersama Himpunan Keluarga Mahasiswa Kukar.

Ketua Panitia Penyelenggara Rafif Fitra Yasa mengatakan, Festival Etam Begenjoh Malang bertujuan promosi adat budaya dan pariwisata Kukar di Kota Malang.

”Etam Begenjoh ini digelar agar masyarakat Kota Malang Jawa Timur bisa beramai-ramai menyaksikan kebudayaan Kukar. Sesuai dengan tiga konsep kebudayaan yang dimiliki Kukar berupa budaya daerah pesisir, budaya daerah tengah (Keraton) dan budaya daerah pedalaman (dayak),” sebutnya.

Disampaikan, Kukar mempunyai kekayaan budaya adat istiadat yang luar biasa. Dengan adanya promosi budaya ini di Kota Malang, bisa mengundang para pengunjung untuk datang ke Kukar.

“Semoga tampilan kesenian dari Kukar bisa menghibur masyarakat kota Malang ini dan akhirnya berkunjung ke Kukar,” harap Fitra.

Tak luput dia mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab Kukar kepada mahasiswa yang ada di Kota Malang dengan membantu tempat tinggal dan fasilitas lainnya. Guna mendukung aktivitas mahasiswa selama menuntut ilmu yang merupakan salah satu visi misi Kukar Idaman guna meningkatkan pembangunan SDM yang berakhlak mulia unggul dan berbudaya.

Etam Begenjoh sendiri mempersembahkan banyak tarian yang ditampilkan dari talent kukar, yaitu Musik Orkes Sekar Kedaton, IPM Kukar Yogyakarta, Kerukunan Keluarga Dayang Modang (KKDM), Lembaga Seni dan Budaya Kumala (LSBK), Musik Rondong Kumala, Duta Wisata Teruna Dara Kukar, Kesenian Dayak Tiaq Balulaq dan Cahaya Kedaton.

Acara yang digelar dari sore hari hingga ke malam tersebut diawali dengan makan bersama atau beseperah yang merupakan kebudayan Kukar. Dimana pada beseperah tersebut banyak masyarakat Kota Malang yang ikut ambil bagian. Acara juga diisi dengan Lomba olahraga tradisional Bakiak, Begasing dan Enggrang. 

Kemudian dilanjut dengan Ngapeh Bincang Bahasa dan Budaya Kukar bersama Presiden Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang 2024 Satria Naufal Putra Ansar, Pemerhati Budaya Kukar Chai Siswandi, Pamong Budaya Ahli Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhamad Saidar, Pendiri Rumah Budaya Kutai (RBK) Hasrulliansyah. (dn)