Share ke media
Pendidikan

Puluhan Anggota DWP Kukar Dilatih Digitalisasi Branding dan Pemasaran Produk UMKM

12 Oct 2023 11:00:5880 Dibaca
No Photo
Puluhan anggota DWP Kukar mengikuti Pelatihan Strategi Digitalisasi Branding dan Pemasaran Produk UMKM. (istimewa)

Tenggarong – Puluhan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Pelatihan Strategi Digitalisasi Branding dan Pemasaran Produk UMKM, Rabu (11/10/2023) di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong. Digelar oleh DWP Kukar Bidang Ekonomi, kegiatan ini bekerja sama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar.

Ketua Panitia yang juga Ketua Bidang Ekonomi DWP Kukar Eka Yuyun menjelaskan, pelatihan ini guna mendukung kemajuan teknologi khususnya di bidang pemasaran secara digital. Pelatihan diikuti sekira 80 peserta, terdiri dari DWP Kukar dan unsur pelaksana DWP dari Dinas, Badan, Kantor serta Kecamatan.

Disampaikan, penggunaan digital marketing atau pemasaran online memiliki banyak sekali manfaat atau keuntungan. Salah satunya produk dapat dijangkau oleh konsumen yang lebih luas.

Apalagi survei awal yang dilakukan DWP dan DP3A mengungkapkan, pelaku UMKM wisata yang ada di Kukar masih memiliki pengetahuan yang minim tentang pemasaran dan pembukuan digital.

“Banyak sekali benefit atau keuntungan yang didapatkan dari pemasaran online. Yaitu salah satunya para pelaku usaha dapat memasarkan produk mereka di pasar online dengan jangkauan lebih luas,” terang Eka.

Lebih lanjut dijelaskan, pelatihan ini berisikan langkah-langkah pemahaman teori dan praktek e-commerce dan pembukuan digital. Pelatihan jni juga membuka cakrawala pengetahuan UMKM tentang pentingnya digitalisasi bisnis dan memotivasi UMKM yang beralih ke platform digital yang akan mengagresi digitalisasi bisnis secara keseluruhan.

“Pascapelatihan perlu terus didorong dan difasilitasi lebih lanjut oleh pihak pihak terkait,” tegasnya. (dn)