Share ke media
Keagamaan

Rangkaian Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Agung Pelita Samarinda

02 Jun 2018 07:00:42170 Dibaca
No Photo

DigitalNews.id – Malam 17 Ramadhan merupakan malam dimana untuk pertama kalinya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, mulai menerima wahyu berupa ayat suci Al-Quran yang diturunkan Allah Subhanahuwata’ala, melalui perantaraan Malaikat Jibril Alaiihissalam secara berangsur-angsur selama 23 tahun (ini menurut pendapat yang kuat); 13 tahun di Mekah dan 10 tahun di Madinah, 

Firman Allah Subhanahuwata’ala : “Dan Al Quran itu telah kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan kami menurunkannya bagian demi bagian.” (QS. Al Isra: 106) 

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dalam kitab Shahih keduanya dari ‘Aisyah radiyallahu ‘anha Istri Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, Menerangkan bahwa ayat pertama yang turun menurut kebanyakan ulama ialah surat Al-Alaq (dan ini adalah pendapat yang kuat), atau biasa kita sebut dengan surat Iqra’ ayat 1-5. 

Peristiwa turunnya Al-Qur’an adalah merupakan peristiwa yang sangat penting bagi umat Muslim, sedemikian pentingnya peristiwa tersebut, sehingga selalu diperingati sebagai Malam Nuzulul Qur’an. Tidak terkecuali bagi Jamaah Masjid Agung Pelita (MAP), Samarinda. Pada Malam 17 Ramadhan 1439 H, bertepatan dengan tanggal 1 Juni 2018 Pemerintah Kota Samarinda bersama Jamaah MAP mengadakan Peringatan Nuzulul Qur’an. 

Turut hadir DR. H. Sugeng Chairudin, Msi, Sekretaris Pemerintah Kota Samarinda mewakili Plt. Walikota Samarinda, yang berhalangan hadir,  hadir juga Syaharie Ja’ang beserta Isteri dan para pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda. 

Pada kesempatan tersebut, disampaikan juga bantuan dana sebesar Rp. 7.500.000,- yang berasal dari infaq/sadaqoh PNS dilingkungan Pemkot Samarinda kepada MAP. 

Dalam sambutannya DR. H. Sugeng Chairudin, Msi., antara lain menyampaikan bahwa “dengan momentum Nuzulul Qur’an ini, diharapkan dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari” 

Ketua Takmir MAP, Drs. H. Syafruddin AH, MM dalam sambutannya antara lain menyatakan “kami sangat berbahagia karena diberi kesempatan untuk kesekian kalinya oleh Pemerintah Kota Samarinda bersama Pengurus Masjid Agung Pelita beserta jamaahnya untuk melaksanakan kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an, semoga dalam peringatan pada malam hari ini kita bisa lebih mencintai Al-Qur’an…” 

Rangkaian Peringatan Nuzulul Qur’an 1439 H di MAP, dimulai dengan Sholat Isya’ kemudian diisi dengan ceramah yang disampaikan oleh Al-Ustadz DR. H. Ahmad Haris, kemudian, Sholat Tarawih kemudian dilanjutkan dengan acara Khatam Al-Qur’an. 

Dalam Tausiahnya Al-Ustadz DR. H. Ahmad Haris, memulai tausiahnya dengan berpantun. Al-Ustadz DR. H. Ahmad Haris mengatakan “...Karena malam ini peringatan Nuzulul Qur’an, maka kita akan membahas khusus tentang Al-Qur’an, yakni apa itu keistimewaan Al-Qur’an, apa itu nikmatnya Al-Qur’an dan kehebatan Al-Qur’an…” dengan gaya yang kocak dan suasana yang segar dihadapan ribuan jamaan MAP yang membludak pada malam itu. (dr)

Berita Terkait