Share ke media
ekonomi

Resmi Dibuka, Bupati Ajak masyarakat agar mengikuti dan meriahkan Pakem Expo 2021

07 Nov 2021 01:00:5455 Dibaca
No Photo
Plt Asisten II Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Wiyono bersama ketua KNPI Kukar

TENGGARONG – Plt Asisten II Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Wiyono, membuka Pemuda Kreatif Ekonomi Maju (PAKEM) Expo 2021, yang digelar oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kukar, di lapangan parkir gedung Puteri Karang Melenu, Tenggarong Seberang. Jumat (5/11/2021) malam.


Dalam sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah yang dibacakan Wiyono, Bupati mengajak pemuda dan masyarakat agar mengikuti dan meriahkan Pakem Expo 2021 ini yang merupakan gelar seluruh hasil produksi usaha pemuda Kukar, agar bisa membantu menjual dan mengenalkan kembali kepada masyarakat akan produk yang dimiliki.


Kemudian, disampaikannya bahwa pemerintah mengapresiasi pengurus baru DPD KNPI Kukar masa bakti 2021 – 2024, yang melaksanakan kegiatan perdana berupa Pakem Expo ini. Padahal, menurutnya kepengurusan KNPI yang baru ini sampai saat ini belum dilantik, tetapi sudah bisa melaksanakan kegiatan besar seperti sekarang ini.


“Artinya ini menunjukkan itikad yang luar biasa di bidang kewirausahaan pemuda. Serta ini bagian bentuk wujud nyata kolaborasi dan sinergi, untuk kebangkitan bersama masyarakat Kukar,” ujarnya.


Untuk itu, Bupati mengajak semua stakeholder, baik Pemerintah, BUMD, media masa, pihak swasta dan seluruh komponen pemuda selalu bergandengan tangan mewujudkan Kukar yang sejahtera dan berbahagia.


Lebih lanjut, disampaikannya Pemkab Kukar di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin telah berkomitmen dalam menjalankan roda pemerintahan, dengan menjalankan visi dan misi Kukar Idaman, yaitu mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia.


Di antara 23 dedikasinya terdapat 5 dedikasi  yang menyentuh langsung kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dedikasi tersebut adalah program Kukar Siap Kerja, program Kukar Kaya Festival, program Usaha Kecil Idaman, program Kukar Kreatif Idaman dan program Dunia Usaha Ramah Lingkungan.



Selanjutnya, Bupati mengingatkan pemuda bahwa Pemkab Kukar sangat berkomitmen untuk menjadikan kaum muda Kukar menjadi seorang Entrepreneur (wirausahawan) yang sukses dan mandiri, dan tidak lagi bermimpi setelah lulus sekolah atau kuliah menjadi PNS atau karyawan perusahaan tambang, perusahaan migas dan perusahaan perkebunan ataupun perusahaan lainnya.


“Tetapi mindset-nya sudah beralih kepada bagaimana menjadi pengusaha muda sukses, menjadi manager perusahaan sendiri dan bahkan bisa membuka lapangan kerja baru,” ujarnya.


Sementara, Ketua KNPI Kukar Eko W mengatakan, latar belakang kegiatan tersebut, berawal dari banyaknya keluhan masyarakat, pelaku UMKM, Pedagang Kaki Lima (PKL), tentang kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.


“Alhamdulillah dengan dukungan Bupati, Pemkab Kukar, OPD terkait, kami dapat laksanakan kegiatan ini,” ujarnya.


Disebutnya, KNPI dengan PAKEM Expo yang digelar hingga 14 November itu memfasilitasi masyarakat, UMKM, PKL, pedangan kecil, untuk menampilkan produk masing-masing agar dapat dikenal, dan terjual. Hal itu sebagai upaya mengembalikan ekonomi yang sempat terpuruk.


“KNPI siap bantu daerah agar ekonomi tumbuh, daerah kita makin maju dalam menyongsong Ibu Kota Negara baru di Kaltim khususnya Kukar,” ujarnya.


Pembukaan acara itu ditandai dengan pemukulan Simbal oleh Wiyono, acara gelar produk UMKM itu juga dihibur dengan live musik Dangdut. (adv)