Share ke media
Teknologi

Ringankan Pekerjaan Laporan Semester, Disbun Kukar Hadirkan Pekebun Online

26 Oct 2023 05:00:06102 Dibaca
No Photo
Aplikasi Pekebun Online memudahkan pelaporan semester perkembangan perkebunan. (istimewa)

Tenggarong – Dinas Perkebunan (Disbun) Kutai Kartanegara (Kukar) menghadirkan aplikasi Pekaporan Perkembangan Perkebunan Online (Pekebun Online). Aksi perubahan ii disusun Kepala Bidang (Kabid) Usaha dan Penyuluhan Disbun Kukar Samsiar pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tahun 2023 di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Puslatbang KDOD) Samarinda.

Dijelaskan, Disbun memiliki fungsi monitoring dan evaluasi berdasarkan data perkembangan pembangunan perkebunan. Sehingga aksi perubahan ini adalah upaya lebih cepat untuk mengatasi keterbatasan data dan validasi data.

Khususnya data perkembangan dan kemajuan usaha perkebunan, peningkatan pelayanan, kemudahan bagi stakeholder atau Perusahaan Besar Swasta (PBS) untuk menyampaikan data, pembaharuan cara pelaporan dari metode pembuatan dan penyampaian laporan semester perkembangan usaha perkebunan oleh perusahaan yang selama ini secara manual, akan diubah menjadi pembuatan dan penyampaian laporan berbasis Teknologi Informasi (TI) secara online.

“Tujuan aplikasi ini adalah meminimalisasi biaya, meringankan pekerjaan dalam menyusun laporan semester, menyampaikan dan memaanfaatkan laporan PBS,” terangnya.

Menurut Samsiar, aplikasi ini dipakai oleh perusahaan perkebunan swasta. Pihak perusahaan mengisi data untuk laporan kepada Pemda melalui Disbun yang berisi profil, rencana dan realisasi pembangunan kebun inti, plasma, kemitraan, hambatan, dan kegiatan sosial lainnya.

“Data ini dimanfaatkan oleh Pemda untuk evaluasi dan monitoring kegiatan Persusahaan Perkebunan,” terangnya.

Adapun ruang lingkup dari aksi perubahan yang akan dilaksanakan adalah Identifikasi dan konsultasi tema aksi perubahan ke mentor, Merumuskan tema, judul dan menyusun rancangan aksi perubahan.

Kemudian membentuk tim efektif, menyusun rencana aksi perubahan, merancang pengembangan aplikasi, membuat Aplikasi oleh Programmer Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar, Uji coba pengembangan aplikasi, pengisian/implementasi aksi.

Aplikasi ini sudah selesai dibuat Programmer Diskominfo Kukar dan diuji coba pada 21 Oktober 2023 di Kantor Disbun. (dn)