Share ke media
Keagamaan

Sambut Hari Santri Nasional 2023, Kemenag Kukar Gelar Jalan Sehat Pakai Sarung

16 Oct 2023 11:00:5689 Dibaca
No Photo
Para santri mengikuti jalan sehat yang digelar Kemenag Kukar. (istimewa)

Tenggarong – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Jalan Sehat Pakai Tajong/Sarung, Ahad (15/10/2023). Jalan sehat ini dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2023.

Jalan sehat dilepas Kepala Kantor Kemenag Kukar Nasrun didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kukar Dendi Irawan di Halaman Kantor Bupati Kukar. Dikatakan Dendi, jalan sehat itu bukan sekedar seremonial saja. Melainkan sembari memungut dan membersihkan sampah-sampah. 

Hal ini sesuai dengan tema tahun ini ”Jihad Santri Jayakan Negeri.” Yaitu bagaimana semua bermanfaat untuk bangsa.

“Bagaimana santri memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah, negeri berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Kukar Idaman, Kukar yang sejahtera, berjaya dan masyarakatnya madani,” urai Dendi.

Kepala Kemenag Kukar Nasrun menuturkan, seluruh anak -anak yang menjadi santri harus bangga. Karena dari santri pernah ada yang menjadi Presiden yaitu Gus Dur dan sekarang yang menjadi wakil Presiden (KH Ma’ruf Amin) dari santri juga.

Menurutnya, sesuai dengan tema, maka santri harus bersyukur. Karena Pemda memiliki kepedulian yang luar biasa.

“Yang hal ini tidak dirasakan oleh daerah lain, karena pemerintah kita sangat concern dan sangat peduli dengan anak -anak santri,” ucapnya.

Adapun jalan sehat pakai tajong/sarung dihadiri para pengasuh pimpinan pondok Pasantren yang ada di wilayah Tenggarong, serta forum komunikasi pimpinan pondok pasantren. (dn)