Share ke media
Populer

Satpol PP Kukar Gelar Lari Sigap, Tingkatkan Kedisiplinan dan Dukung Tugas di Lapangan

23 Apr 2024 02:00:13111 Dibaca
No Photo
Kegiatan Lari Sigap yang digelar Satpol PP Kukar. (istimewa)

Tenggarong – Pembinaan Fisik atau Lari Sigap seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutai Kartanegara (Kukar) dimulakan, Senin (22/4/2024). Bertempat di halaman Kantor Satpol PP Kompleks Perkantoran Bupati Kukar, kegiatan ini dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono. 

Kata dia, salah satu tujuan kegiatan ini di antaranya untuk meningkatkan kedisiplinan dan mendukung tugas di lapangan, khususnya sebagai pelayan masyarakat dan abdi negara.

“Anggota Satuan Polisi Pamong Praja diwajibkan untuk menjaga kebugaran tubuh Tujuannya agar seluruh anggota Satpol PP mempunyai mental dan fisik yang kuat untuk menjalankan tugas setiap harinya dalam menjaga ketenteraman dan ketertiban umum, menegakan peraturan daerah (perda)/peraturan kepala daerah (perkada), dan perlindungan masyarakat,” beber Sunggono.

Lebih lanjut disampaikan, tugas yang diemban di Satuan Polisi Pamong Praja cukup berat. Bukan hanya sebagai tenaga administrasi di kantor, melainkan juga bertugas ke lapangan, seperti melakukan razia, penertiban masyarakat atau suatu badan usaha yang melanggar perda/perkada, serta melaksanakan pengamanan suatu acara atau kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. 

“Hal ini yang mendasari pentingnya kebugaran fisik bagi seluruh anggota satuan polisi pamong praja. Selain itu juga diperlukan langkah-langkah strategis agar Satpol PP sebagai penegak Perda dapat memaksimalkan peran dalam setiap kegiatan dan efektif dalam menjalankan tugas yang diembannya,” tegas Sunggono.

Apalagi, sambungnya, tak lama lagi tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) juga akan dimulai. Di antaranya pemilihan gubernur dan wakilnya, serta pemilihan bupati dan wakilnya. 

“Hal ini tentunya akan menjadi tugas dan fokus kita bersama untuk menyukseskan penyelenggaraannya, baik dari sisi kelancaran, ketertiban dan keamanan proses pelaksanaannya,” ungkap Sunggono. (dn)