Share ke media
Pendidikan

Sebagai Jawaban Dari Tantangan Zaman, SMA 13 Samarinda Ujian Sekolah Mengunakan Tablet

17 Mar 2020 11:00:341295 Dibaca
No Photo
Susana Ujian Sekolah SMA 13 Kota Samarinda menggunakan Tablet

SAMARINDA| Seiring dengan kemajuan teknologi, ujian sekolah dengan kertas soal atau konvensional  mulai ditingalkan. Selain dianggap lebih simpel dan lebih efektif, ujian mengunakan secara oline menjadi salah satu upaya sekolah untuk mendorong digitalisasi pada dunia pendidikan.

Sekolah Menengah Atas (SMA) 13 Negeri Samarinda menggelar ujian sekolah sudah menggunakan tablet, SMA 13 mendapat tablet dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) afirmasi sebanyak 220 unit tablet.

Salah satu pengajar di SMA 13, Bambang S mengatakan penggunaan dan memanfaatkan tekhnologi yang ada terutama media internet sudah mereka lakukan sejak ujian semester lalu.

“Sebetulnya kita mulai menggunakan ini (internet) sejak ujian semester kemarin, sebelumnya itu kita menggunakan Hp,”katanya dikonfirmasi saat menggelar ujian sekolah pada, Senin (16/03/20).

Selain itu ujian secara online juga dianggap lebih efektif dan efisien dan hal ini dianggap sebagai jawaban dari tantangan zaman.

Dalam penerapannya kata Bambang, terdapat beberapa kendala yang mereka hadapi. Seperti misalnya ganguan internet ataupun mati lampu.

“Trubel itu pasti ada tapi sudah kita antisipasi alhamdulillah berjalan dengan baik,”ucapnya.

Dari tingkat penerimaan siswa juga terbilang bagus, Bambang menjelaskan di SMA 13 di Pandu oleh teknisi yang cukup berpengalaman. Bahkan kata dia pihaknya telah melakukan sosialisasi sejak jauh hari.

Semnetara Waka kesiswaan SMA 13, Faturrahman menjelaskan bahwa ujian mengunakan tablet ini sangat membantu.

“Sangat membantu sekali, semua proses dari segi dana , mempercepat proses koreksi, cukup dimudahkan,” urainya.


(Jr)