Share ke media
Pendidikan

Sekda Kukar Jadi Mentor Tiga Pejabat dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional

04 Oct 2023 05:00:3559 Dibaca
No Photo
Sekda Kukar Sunggono memberi arahan kepada tiga peserta seminar implementasi proyek perubahan pelatihan kepemimpinan. (Istimewa)

Tenggarong – Seminar Implementasi Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XII Tahun 2023 berlangsung Selasa (3/10/2023) di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KDOD-LAN), Samarinda. Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menjadi mentor evaluasi dalam kegiatan ini.

Ada tiga pejabat peserta pelatihan yang dimentori oleh Sunggono. Mereka adalah Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar Bahari Joko Susilo, Arfan Boma Pratama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Maman Setiawan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kukar.

Kata Sunggono, ketiga peserta tersebut sampai di tahapan ini telah melalui diskusi yang mendalam untuk kepentingan Kukar. Misalnya Bahari Joko yang membuat inovasi untuk memaksimalkan dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar.

“Di era kami, setiap tahun dibuat komitmen pencapaian kinerja para stakeholder demikian juga dalam hal PAD, bahkan hingga ke tingkat desa untuk memastikan pajak di desa berjalan baik,” terangnya.

Hal itu untuk mengoptimalkan pendapatan dengan regulasi yang jelas, dengan inovasi yang dibuat Bahari Joko ini, maka potensi pendapatan akan tergali dengan baik.

Sedangkan inovasi Arfan Boma adalah terjemahan program dedikasi Kukar Idaman yakni hilirisasi produk pertanian. Diantaranya, rumput laut yang akan diolah bukan hanya dari Muara Badak dan sekitarnya tetapi juga dari Bontang. Pengolahan rumput laut di Muara Badak ini akan berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), untuk memberdayakan masyarakat setempat. Bangunan gudangnya sudah ada tinggal melengkapi mesinnya.

Sementara untuk inovasi Maman Setiawan yakni penataan kawasan, yang akan mempercantik kawasan bantaran sungai di Tenggarong. “Kami menaruh harapan besar inovasi apa yang ada ini dapat terlaksana, terimakasih kepada peserta dari Kukar yang sudah mampu menerjemahkan apa yang Pemda inginkan dengan baik,” tandasnya. (dn)