Share ke media
Populer

Sekda Sebut Pemkab Kukar Lakukan Persiapan Seni Budaya dan SDM Menuju IKN

04 Nov 2023 02:00:1543 Dibaca
No Photo
Sekda Kukar Sunggono hadir dalam Festival Harmoni Budaya Nasional di Sepaku. (istimewa)

Tenggarong - Penampilan putra-putri Kutai Kartanegara (Kukar) membawakan tari Ganjar Ganjur dan tari Sekapur Sirih mewarnai puncak Festival Harmoni Budaya Nusantara (FHBN), Jumat (3/11/2023). Presiden RI Joko Widodo yang hadir di Lapangan Alun-alun Bukit Taruna Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) ikut menyaksikan tarian dari kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura itu.

Atas penampilan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono yang turut hadir mengaku bangga. Pasalnya dengan penampilan tersebut, tampak bahwa budaya Kukar menjadi bagian penting dalam mewarnai budaya nusantara khususnya di Ibu Kota Negara (IKN).

Disampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dalam hal ini sudah melakukan serangkaian persiapan untuk seni dan budaya serta sumber daya manusia (SDM) menuju IKN.

“Secara Khusus Kukar sudah menyiapkan konsep dan sudah diberikan kepada pemerintah pusat untuk penguatan SDM dan penguatan sumber data lainya di Kutai Kartanegara dan semoga mendapat respon positif,” terang Sunggono.

Dia juga berharap ke depannya apa yang menjadi permasalahan Kukar dan permasalahan IKN bisa saling berbagi untuk saling melengkapi.

Lebih lanjut dijelaskan, dari deklarasi penggiat seni dan budaya di Kaltim yang dibacakan dalam acara ini, diketahui bahwa semua budaya di Kaltim dan sekitar IKN harus diakomodasi serta diimplementasikan oleh otorita IKN. Untuk kemudian sama-sama dihidupkan sesuai apa yang diatur dalam ketentuan pemerintah, baik itu undang-undang maupun peraturan pemerintah.

“Ini merupakan peluang bagi penggiat seni dan budaya. Di mana telah mendapat perhatian penuh dari Pemerintah Pusat melalui Otoritas IKN. Dan mudah-mudahan penggiat seni Kukar bisa melihat peluang ini untuk memajukan seni dan budaya di Kukar,” pungkas Sunggono. (dn)