Share ke media
Ekonomi

Serahkan Bantuan WC Individual dan Bedah Rumah, Bupati Kukar Harap Bisa Kurangi Tingkat Kemiskinan

17 Oct 2023 03:00:2962 Dibaca
No Photo
Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan bantuan bedah rumah dan WC individual secara simbolis. (istimewa)

Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah secara simbolis menyerahkan bantuan WC individual dan bangunan bedah rumah kepada warga Embalut. Bantuan itu diserahkan di Lapangan Voli Desa Embalut, Tenggarong Seberang, Senin (16/10/2023).

“Dengan adanya bantuan Pembangunan wc individual dan serah terima bangunan program bedah rumah ini bisa memberikan manfaat bagi Masyarakat di Embalut. Dengan begitu tingkat kemiskinan di Kukar ini bisa berkurang,” terang Edi.

Dia lantas berpesan kepada warga yang menerima bantuan WC individual untuk membiasakan dalam penggunaannya. Supaya tidak ada lagi WC di sepanjang Sungai Mahakam. Begitu pula dengan penerima bantuan bangunan bedah rumah agar bisa merawat rumahnya dengan baik dan bisa bermanfaat.

“Disperkim bersama Camat maupun Kades agar inventarisasi kembali. Dilihat dari dokumentasi masih ada yang kurang rampung secara keseluruhan dan mungkin nanti bisa dimasukkan pada tahap berikutnya. Sehingga nanti rumah tersebut masuk dalam rumah layak huni,” sebut Edi.

Dari perbincangan Edi dengan warga, diketahui sebelumnya warga selalu menumpang ke rumah tetangga atau keluarga sekitar dan ada juga masih menggunakan jamban di pinggir sungai untuk buang air besar (BAB).

“Mudah-mudahan ini bisa membantu buat para warga yang membutuhkan WC yang selama ini tidak mempunyai wc sendiri di rumah. Dan Pemkab Kukar akan terus berupaya melakukan yang terbaik bagi masyarakatnya agar kemiskinan di Kukar bisa berkurang setiap tahunnya,” ungkapnya.

Dikatakan, pengentasan kemiskinan merupakan salah satu dari program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar yang ada di dalam program Kukar Idaman dengan aplikasi Rumah Besar Pengentasan Kemiskinan (RBPK) Kukar. Program RBPK merupakan sebuah upaya memudahkan kolaborasi dengan dunia usaha, mempercepat penanganan kemiskinan. (dn)