Tenggarong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) meminta setiap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kutai Kartanegara (Kukar) bisa meniru langkah Perumda Air Minum Tirta Mahakam. Pasalnya BUMD ini sukses membuktikan jargon “Perubahan Itu Sulit Tetapi Bisa”.
Adanya kemauan keras untuk melakukan perubahan membuat Perumda Air Minum Tirta Mahakam dianggap sukses melakukan tujuh perubahan yang diarahkannya kepada jajaran direksi.
Ketujuh perubahan yang dimaksud meliputi pemanfaatan teknologi yang menunjang operasional dan pengembangan SPAM, peningkatan pendapatan perusahaan, transformasi organisasi sesuai prinsip Good Corporate Governance (GCG), revaluasi aset hibah pemerintah baik pusat dan pemerintah daerah.
Kemudian alternatif pendanaan untuk penyelenggaraan SPAM pada wilayah yang tidak ekonomis, penurunan tingkat kehilangan air dan peningkatan kapasitas SDM untuk pengembangan SPAM.
“Hal inilah yang menurut saya perlu ditiru dan dilakukan oleh BUMD-BUMD lain di Kabupaten Kukar,” kata Asisten II Ahyani Fadianur Diani membacakan sambutan Bupati pada Halalbihalal Keluarga Besar Perumda Air Minum Tirta Mahakam, Rabu (9/4/2025).
“Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Dewan Pengawas hal ini dilakukan dengan baik oleh jajaran Direksi dan Menejemen Perumda Air Minum Tirta Mahakam dan hasilnya bisa dilihat dan dirasakan oleh kita semua. Oleh karena itu sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” terangnya.
Disampaikan, di balik keberhasilan tersebut semua tentunya ada hal yang sangat penting yang tidak bisa dilupakan. Yaitu peran serta masyarakat yang selama ini diberikan kepada Perumda Air Minum Tirta Mahakam sudah sangat tinggi. Aspirasi yang disampaikan baik melalui Forum Pelanggan Air Minum, maupun secara langsung kepada jajaran manajemen seluruhnya sudah ditindaklanjuti dengan baik oleh Pihak Perumda Air Minum Tirta Mahakam.
Pemkab juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerja sama yang baik kepada forum pelanggan maupun masyarakat pelanggan.
“Tentunya saya selalu berharap adanya kesatuan dan kebersamaan kita semua, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan untuk senantiasa membuat masyarakat kita selalu tersenyum karena pelayanan air bersih diberikan dengan lancar,” tegasnya. (dn)