Share ke media
Populer

Sultan Kutai Meninggal Dunia

05 Aug 2018 03:29:591909 Dibaca
No Photo

Tenggarong, Digitalnews.id – Masyarakat Kutai sedang berduka, Minggu (5/8/2018) sekitar pukul 09.30 WITA Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura H. Aji Muhammad Salehuddin II menghembuskan napas terakhirnya pada usia 94 tahun. 


Haji Aji Pangeran Prabu Anum Surya Adiningrat yang bergelar Sultan Haji Aji Muhammad Salehuddin II bin Sultan Adji Muhammad Parikesit atau lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Praboe ini lahir di Tenggarong, Kutai Kartanegara pada tanggal 24 Oktober 1924 dan di nobatkan sebagai Sultan pada tanggal 22 September 2001, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ini telah masuk ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga penobatan Sultan sebagai upaya pelestarian warisan sejarah dan budaya Kerajaan Kutai sebagai kerajaan tertua di Indonesia. 


Rencananya Jasad Almarhum Sultan Haji Aji Muhammad Salehuddin II akan di semayamkan di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan akan di kebumikan pada hari Senin (6/8/2018) di Komplek Pemakaman Raja-raja Kutai yang tepat di dalam kawasan Museum Mulawarman Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. (Red/A)