Share ke media
Populer

Syukuran Hari Kartini di Kukar, Wujudkan Generasi Penerus yang Unggul dan Berkualitas

30 Apr 2024 03:00:2549 Dibaca
No Photo
Asisten I Bidang Pemerintahan Pemerintah Kukar Akhmad Taufik Hidayat menghadiri Syukuran Hari Kartini. (istimewa)

Tenggarong - Syukuran Peringatan ke-145 Hari Kartini digelar Selasa (30/4/2024) di Ruang Serbaguna Batara Agung Dewa Sakti Kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar). Mewakili Bupati Kukar, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemerintah Kukar Akhmad Taufik Hidayat menghadiri kegiatan ini.

Membacakan sambutan Bupati Kukar, Akhmad Taufik Hidayat memberikan penghargaan yang tinggi bagi para perempuan dan mengucapkan selamat Hari Kartini. Khususnya kepada seluruh Kaum Perempuan Indonesia yang telah berperan secara proaktif dan positif menjalankan aktivitas untuk mengisi pembangunan.

“Di setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia merayakan hari Kartini untuk menghormati perjuangan seorang pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini, Peringatan ini tidak hanya merupakan peringatan akan dedikasi Kartini dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan tetapi juga sebuah kesempatan untuk merenungkan bagaimana visinya terus mempengaruhi dan menginspirasi perempuan Indonesia di era modern,” bebernya.

Taufik menjelaskan, Kartini merupakan seorang tokoh yang hidup pada awal abad ke-20. Kartini memimpin perjuangan untuk memberikan hak Pendidikan dan kemerdekaan kepada perempuan. Pemikiran-pemikiran tentang kesetaraan dan keadilan gender, kamandirian, dan Pendidikan telah menjadi landasan bagi kemajuan sosial dan ekonomi perempuan Indonesia.

Di hari kartini Tahun 2024 ini, bisa direnungkan bagaimana nilai-nilai yang dianut Kartini masih relevan dan berdampak dalam Masyarakat pada saat ini. Namun tantangan pun masih ada seperti masih adanya kesenjangan gender yang perlu diatasi. 

“Terutama dalam akses Pendidikan, kesempatan kerja dan keterwakilan perempuan di level kepemimpinan yang tentunya membutuhkan perjuangan segenap bangsa indonesia agar kesetaraan dan keadilan gender bagi semua dapat terwujud,” ujarnya.

Karena itu Taufik menyebut semua harus memiliki semangat dan pemikiran inspiratif untuk mengambil peran aktif dalam mewujudkan Impian kartini. Demi terwujudnya Masyarakat yang adil dan sejahtera. 

“Dan marilah terus berjuang, belajar dan bertumbuh bersama mengikuti jejak Kartini dalam meraih kemerdekaan dan kesetaraan yang sejati,” terangnya. (dn)