Share ke media
Ekonomi

Tegaskan Komitmen, Pemkab Kukar Harap Semua OPD Kawal Program Pengendalian Inflasi

07 Nov 2023 01:00:46220 Dibaca
No Photo
Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Akhmad Taufik Hidayat dalam Rakor pembahasan langkah konkret pengendalian inflasi daerah tahun 2023 bersama Kemendagri secara virtual, Senin (6/11/2023). (istimewa)

Tenggarong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mengharapkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) mengawal program pengendalian inflasi. Hal ini ditegaskan Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Akhmad Taufik Hidayat dalam Rapat Koordinasi (Rakor) pembahasan langkah konkret pengendalian inflasi daerah tahun 2023 bersama Kementerian Dalam Negeri secara virtual, Senin (6/11/2023).

Taufik menyebut Kukar sangat berkomitmen dalam pengendalian inflasi. Yang dibuktikan dengan keberhasilan Kukar memperoleh penghargaan insentif fiskal hingga ketiga kalinya yang diterima Bupati Kukar Edi Damansyah dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Itu bukti komitmen Kukar sangat tinggi dalam pengendalian inflasi,” kata dia.

Diterangkan, upaya-upaya pengendalian inflasi tersebut antara lain dengan dilakukannya operasi pasar. Juga pengendalian angka stunting dengan langsung memberikan bantuan kebutuhan pokok pangan atau sembako dan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat.

“Untuk inflasi di Kukar saat ini sudah berada di bawah tingkat nasional,” sebut Taufik.

Dia berharap dengan besaran anggaran yang tersedia dan dengan dibolehkannya penggunaan Belanja Tidak Terduga (BTT), pengendalian inflasi di Kukar bisa dimaksimalkan.

“Kami berharap agar seluruh OPD bersama mengawal program-program kegiatan yang sudah tersusun khususnya kegiatan yang berkaitan pengendalian inflasi ini” tegas Taufik

Diketahui penghargaan berupa insentif fiskal yang diterima Kukar lantaran dianggap berhasil dalam pengendalian inflasi. Bagi Pemkab Kukar ini kali ketiga dalam penerimaan penghargaan insentif fiskal ini, dan kali ini Kukar mendapatkan Rp11,6 miliar. (xl)