Share ke media
Populer

Tekan Angka Stunting, DPMD Kukar Gelar Penilaian dan Pembinaan Kader Posyandu

07 May 2024 09:00:18369 Dibaca
No Photo
Penilaian dan pembinaan kader Posyandu oleh DPMD Kukar, Senin (6/5/2024) di BPU Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu. (istimewa)

Tenggarong - Penilaian dan pembinaan kader pos pelayanan terpadu (Posyandu) kembali digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (6/5/2024). Kali ini diadakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu. 

Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Desa DPMD Kukar Asmi Riyandi Elvandar mengatakan, penilaian dan pembinaan kader Posyandu perlu dilakukan. Salah satunya untuk menekan angka kematian bayi dan anak balita serta menekan angka stunting.

Menurut Asmi, salah satu cara untuk menanggulanginya adalah melakukan monitoring kesehatan dan perkembangan balita melalui posyandu. Peran Posyandu di tengah masyarakat sangat besar dan tak hanya sebatas balita dan bayi saja tetapi banyak program posyandu lainya seperti ibu hamil, ibu menyusui, pasangan usia subur, remaja maupun Posyandu lansia.

“Posyandu merupakan garda terdepan di masyarakat dan juga merupakan Salah satu sumber daya yang akurat karena bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut dia berharap penilaian ini bisa memacu kader-kader posyandu untuk lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. (dn)