Share ke media
Opini Publik

Tercekik Kesulitan Ekonomi, Nyawa pun Melayang

13 Nov 2022 01:00:23131 Dibaca
No Photo
gambar ilustrasi : Radar Tulungagung.co.id - Dicekik hingga Meregang Nyawa, Suami: Saya Masih Cinta - 28 Jun 2022

Samarinda - Aksi kejam dan biadab dilakukan seorang suami kepada istri dan anaknya di sebuah rumah di Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

Pelaku berinisial RN (31) tega menganiaya istrinya berinisial NI (31) dan membunuh anak perempuannya berinisial KPC (13) menggunakan parang.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno mengatakan, pihaknya menerima laporan masyarakat terkait adanya korban meninggal dunia dan kritis. Kedua korban diduga mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) oleh kepala keluarga.

Dilihat dari motif pembunuhan, suami dikatakan sudah tidak dapat mengendalikan kesabaran karena ulah si istri yang memiliki hutang pada bank sebesar 50 juta rupiah tanpa dia ketahui.

Akhirnya pertengkaran tidak dapat dihindari mengakibatkan suami kalap dan tega membacok istri dan anaknya.

Tersangka mengatakan bahwa sang istri memiliki gaya hidup yang tinggi dan selalu ingin terlihat mampu depan orang lain.

Semua telah terjadi, seorang suami yang harusnya melindungi keluarganya malah tidak mampu menjalankan tugasnya sebagai pelindung anak istrinya.

Sangat miris, terus berulang di negara ini kejadian KDRT yang disebabkan oleh kesulitan ekonomi dalam rumah tangga.

Sistem sekularisme yang dipakai dalam kehidupan  menjadikan materi di atas segalanya. Akhirnya menghancurkan semua sisi kehidupan masyarakat, termasuk keluarga.

Keinginan serba ada dan serba mengikuti trend terbaru, menjadikan masyarakat menempuh jalan yang praktis. Dengan di balur seakan madu, padahal sebuah racun di dalamnya menjadikan masyarakat dengan mudah mencari pinjaman berbunga yang berujung pada kehancuran.

Kegagalan dari sistem ekonomi kapiltalisme ini terus akan melelapkan masyarakat dalam mengambil solusi yang praktis. Begitu pula pemikiran sekularisme yang memisahkan agama dari kehidupan akan terus menghancurkan moral dan sisi baik manusia secara naluriahnya.

Persoalan ini bukan hanya persoalan individual. Namun persoalan sistematik dan membutuhkan solusi yang sistematik juga.

Sistem Islam-lah yang mampu memberikan solusi yang menyeluruh dan mendasar. Bukan hanya dari satu sisi saja Islam memberikan solusi namun sistem Islam mampu memberikan solusi yang mendasar bagi seluruh permasalahan kehidupan masyarakat.

Islam adalah rahmat bagi seluruh alam yang memberikan cahaya terang bagi manusia. Saat manusia tidak mampu menemukan jalan dalam permasalahan kehidupannya, maka Islam mampu memberikan solusi yang tepat sesuai apa yang ditetapkan Allah SWT dalam Al Qur’an dan As Sunnah.

Oleh: Vivi Muktamarina warga Samarinda

disclaimer : Tulisan ini merupakan partisipasi individu masyarakat yang ingin menuangkan pokok-pokok fikiran, ide serta gagasan yang sepenuhnya merupakan hak cipta dari yang bersangkutan. Isi, redaksi dan narasi sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.