Share ke media
Pendidikan

Tiga Isu Strategis Jadi Poin Pembahasan FGD Peta Jalan Pendidikan Kukar

22 Oct 2023 11:00:3869 Dibaca
No Photo
Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kukar Joko Sampurno. (istimewa)

Tenggarong - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di ruang serbaguna Kantor Bupati Kukar, Sabtu (21/10/2023). 

Bertemakan “Cita-cita, Capaian, Dan Harapan Pendidikan Idaman Kukar”, FGD ini membahas peta jalan pendidikan yang bervisi, berkualitas, dan berkelanjutan guna meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya.

Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kukar Joko Sampurno menjelaskan, FGD tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan-kegiatan FGD yang telah dilaksanakan sebelumnya. Khususnya yang berkaitan dengan road map pendidikan Kukar Idaman.

Ada tiga isu strategis yang menjadi poin pembahasan pada FGD tersebut. Di antaranya isu terkait peningkatan kualitas pembelajaran, peningkatan akses pembelajaran, dan tata kelola pembelajaran.

Lebih lanjut, melalui kegiatan tersebut diharapkan memberikan peta jalan pendidikan yang bervisi, berkualitas, dan berkelanjutan guna meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya di Kabupaten Kukar seperti yang di cita-citakan, di idam-idamkan, dan diharapkan.

“Kegiatan FGD ini merupakan lanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya yang pernah kita lakukan yang membahas tentang road map pendidikan Kukar Idaman,” terang Joko Sampurno.

Adapun narasumber dalam FGD ini di antaranya Anggota Badan Akreditasi Nasional Paud Das Men (Ban PDM) Kemendikbudristek Prof Bahruddin, dan Dosen Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Jimmy.

Hadir dalam FGD ini di antaranya Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Afrillian Noor, Ketua PGRI Kukar Yonathan Palinggi, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Kukar, serta penggiat dan stakeholder dunia pendidikan yang ada di Kukar. (dn)