Share ke media
Populer

Tingkatkan Konektivitas, Puluhan Ribu Meter Jalan Dibangun dari Karya Bhakti TNI di Kukar

01 Nov 2023 07:00:4989 Dibaca
No Photo
Sekda Sunggono menghadiri penutupan Karya Bhakti TNI. (istimewa)

Tenggarong – Puluhan ribu meter jalan telah dibangun di Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Karya Bhakti TNI yang ditutup di Areal Persawahan Kelurahan Bukit Biru Kecamatan Tenggarong, Rabu (1/11/2023). Sebagaimana disampaikan Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Susilo.

Dijelaskan, program Karya Bhakti dalam rangka Ketahanan Pangan ini bertujuan membantu program pemerintah meningkatkan pencapaian hak atas pangan. Peningkatan kualitas SDM, meningkatkan ketahanan pangan Nasional dan lokal, meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Serta meningkatkan perekonomian agar ketersediaan logistik wilayah selalu ada sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan negara,” sebut Susilo.

Lebih lanjut dipaparkan, Karya Bhakti ini berlangsung dari 1 Februari sampai 20 September 2023 di beberapa kecamatan yang ada di Kukar. Meliputi Tenggarong Seberang, Muara Kaman, Sebulu, Tenggarong, dan Loa Kulu.

Dari hasil laporan yang telah dihimpun pencapaian total pekerjaan peningkatan jalan usaha tani terdiri dari pembangunan jalan usaha tani sepanjang 52.523,9 meter. Pembangunan jembatan penghubung sebanyak 58 buah dan pembangunan gorong gorong untuk sistem irigasi pompa air sebanyak 123 buah.

“Pembangunan infrastruktur pertanian ini dapat meningkatkan konektivitas dan produktivitas pertanian dengan wilayah terdampak persawahan seluas 4.168, 34 hektare dan Hortikultura seluas 1.717,50 hektare,” terang Susilo. 

“Dengan adanya jalan usaha pertanian, maka penekanan biaya produksi pertanian dari mobilitas hasil tani sebesar Rp. 4.127.643.828/tahun,” sambungnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono yang hadir dalam penutupan menyebut Pemkab memberikan apresiasi atas Karya Bhakti yang dilakukan TNI. Menurutnya kerja sama dan sinergi antara Pemkab Kukar dengan TNI selama ini bukan hanya di bidang/sektor pertanian saja. Namun juga di bidang lain seperti program perbaikan rumah tidak layak huni, membuka isolasi wilayah termasuk program air bersih yaitu TNI Manunggal Air Bersih (TMAB).

“Pemkab Kukar menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dan kerja sama selama ini, dalam percepatan pembangunan di Kukar dengan harapan kerja sama dan sinergi yang selama ini sudah terbangun dengan baik, dapat terus ditingkatkan termasuk diperluas pada berbagai bidang,” tutur Sunggono. (dn)