Share ke media
Populer

Tol Balsam Masih Gratis Hingga Penetapan Tarif

06 Jan 2020 12:00:29698 Dibaca
No Photo
Gerbang tol Balikpapan-Samarinda

SAMARINDA| Sejak dibuka, tarif tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) direncanakan akan digratiskan hingga tanggal 5 Januari 2020 pada arus mudik natal dan tahun baru (Nataru).

Jalan tol ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Desember lalu. Rencananya akan berbayar terhitung sejak 6 Januari. Nampaknya tol ini akan tetap digratiskan selama masa perhitungan tarif tol.

Sehari jelang pembebasan tarif, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum menetapkan Surat Keputusan (SK) tarif tol Balsam.

Saat ini dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda (JBS) masih melakukan perhitungan terkait tarif tersebut.

“Masih proses perhitungan,“sebut Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR dan Pera Kaltim, Irhamsyah, Sabtu (4/1/2020).

Jalan tol Balsam ini baru dibuka pada tiga seksi, yaitu hanya seksi 2, 3 dan 4 yang dioperasikan. Irhamsyah menyebutkan pihak JBS belum menetapkan harga apalagi mem posting soal tarif. Bahkan saat ini tarif tol Balsam sudah beredar pada sejumlah laman media sosial.

“Kita belum pernah memposting tarif tol Balsam seperti banyak informasi beredar itu, Saya malah gak tau ada berita-berita itu,” sebut Irhamsyah.

(Jr)